Rayakan HUT Ke-59, Pertamina Berikan Bantuan ke Nelayan di Cilacap

Kompas.com - 12/12/2016, 13:24 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

CILACAP, KOMPAS.com — PT Pertamina (Persero) memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat, khususnya nelayan di Cilacap, Jawa Tengah. Pemberian bantuan ini dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-59 Pertamina.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, perseroan tidak hanya mencari keuntungan, tetapi juga mendorong pembangunan nasional. Salah satunya mendorong usaha kecil, khususnya nelayan, dengan memberikan bantuan. 

"Selain itu, tujuannya agar badan usaha milik negara (BUMN) itu bisa dirasakan oleh masyarakat. Peran BUMN untuk menyejahterakan kehidupan bangsa dan negara. Jadi kita tidak memikirkan profit, peran utamanya untuk pembangunan nasional," ujar Dwi di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (10/12/2016).

Adapun bantuan yang diberikan Pertamina meliputi beasiswa untuk para anak nelayan, sarana tangkap ikan, sarana pembersihan dan pengelolaan sampah, pengolahan rumput laut, penyerahan bibit mangrove, perbaikan gedung, pengembangan infrastruktur jalan, dan perbaikan mushala.

Khusus untuk masyarakat di Pantai Teluk Penyu, terang Dwi, perseroan bersinergi dengan BUMN lainnya memberikan bantuan berupa beasiswa kepada 100 pelajar SD, SMP, SMA, sarana tangkap ikan untuk 10 kelompok nelayan, perbaikan gedung HNSI, dan pembangunan jalan setapak Donan, Kali Anget.

Kemudian, perbaikan 20 rumah di Kampung Laut, perbaikan rumah jaga dan paving block di SDN 9, dan perbaikan mushala di kelurahan Donan.  

Menteri BUMN Rini Soemarno menambahkan, pemberian bantuan tersebut merupakan tanggung jawab BUMN untuk menyejahterakan rakyat Indonesia. Rini berharap pemberian bantuan ini dapat mendorong ekonomi masyarakat secara menyeluruh.

"Tadi kan kami sudah lakukan bagaimana menumbuhkan di nelayan-nelayan di sini. Kami membantu para nelayan, seperti alat mesin tempel untuk nelayan," tandas Rini.

Dalam rangka merayakan HUT ke-59, Pertamina juga menggelar gerak jalan santai yang diikuti oleh seluruh jajaran direksi perusahaan di bawah Kementerian BUMN. Selain itu, Pertamina juga menggelar pembersihan Pantai Teluk Penyu di Cilacap, Jawa Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.