Pasar Asemka, Lapak Bisnis yang Menggiurkan bagi WNA Ilegal? (bag 2)

Kompas.com - 25/01/2017, 06:17 WIB
Sebuah toko di kawasan Pasar Asemka memasang papan pengumuman mencari penerjemah Bahasa Mandarin, Selasa (24/1/2017). Kompas.com/ Pramdia ArhandoSebuah toko di kawasan Pasar Asemka memasang papan pengumuman mencari penerjemah Bahasa Mandarin, Selasa (24/1/2017).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompas.com melakukan penelusuran ke sejumlah toko yang disinyalir milik WNA ilegal asal China.

Salah satunya terletak di Jalan Pintu Besar Selatan 1 Pasar Asemka. Toko tesebut persis di sisi jalan dengan ukuran sekitar 5x7 meter persegi. Berbagai aksesoris kaum hawa pun terpajang dengan rapi, mulai dari kalung, gelang, bros hingga anting.

Baca: Pasar Asemka, Lapak Bisnis Menggiurkan bagi WNA Ilegal? (Bag 1)

Kompas.com kemudian masuk pada toko tersebut, dan menanyakan harga aksesoris kalung yang dijual. "Ini kalung berapa harganya?," tanya Kompas.com.

Pemilik toko menjawab, "Seratus," dengan intonasi dan logat yang tak biasa berbahasa Indonesia.

Dia pun tak menjelaskan seratus itu dalam nominal perak atau ribuan. Kompas.com kemudian bertanya lebih lanjut, "Seratus berapa? Satu lusin?," tanya Kompas.com lagi. Pemilik toko tak memberi jawaban, namun hanya menganggukan kepala.

Melihat percakapan itu, salah satu karyawan langsung membantu, "Iya itu Rp 100.000 per satu lusin dan beda jenis beda harga," jelas karyawan itu kepada Kompas.com.

Komunikasi yang buntu antara pemilik toko dan pembeli kerap terjadi. Sehingga si pemilik berinisiatif mencari penerjemah. Hal itu terlihat di sisi depan toko terdapat pengumuman: "Dicari karyawati penerjemah mandarin".

Terlepas bisa atau tidaknya para pemilik toko berbahasa Indonesia, saat ini pedagang yang sudah bertahun-tahun di Pasar Asemka tengah berjuang menghadapi pedagang yang disinyalir WNA ilegal, yang menjual barang dengan harga yang jauh lebih murah.

Bukan hal sulit menemukan barang-barang impor asal China dengan harga yang sangat murah di Pasar Asemka.

Serbuan Produk Impor

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X