Hingga Akhir 2016, BCA Tampung Dana Repatriasi Amnesti Pajak Rp 38 Triliun

Kompas.com - 22/02/2017, 18:25 WIB
THINKSTOCKPHOTOS Ilustrasi tax amnesty.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk merupakan salah satu bank gateway dan persepsi dalam program pengampunan pajak atau tax amnesty. Hingga akhir tahun 2016, BCA telah menerima dana repatriasi program amnesti pajak sebesar Rp 38 triliun.

"Sebenarnya titik tertinggi itu akhir tahun lalu, sekitar Rp 38 (triliun)," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja di kantornya di Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Jahja menuturkan, setelah akhir tahun 2016, memang penerimaan dana repatriasi amnesti pajak cenderung relatif tipis. Namun demikian, imbuh dia, diprediksi dana amnesti pajak akan kembali membanjiri perbankan menjelang bulan Maret 2017 seiring berakhirnya program tersebut.

"Kan orang kita (Indonesia) biasa di saat-saat terakhir baru masuk. Sekarang masih sedikit sekali jumlahnya," tutur Jahja.

Jahja menyatakan, dari dana repatriasi yang masuk ke BCA, dana yang tetap mengendap di BCA berkisar Rp 10 triliun hingga Rp 11 triliun. Sisanya masuk ke berbagai instrumen investasi.

Menurut Jahja, banyak dana dari program amnesti pajak masuk ke Surat Berharga Negara (SBN). Selain itu, ada pula yang masuk ke instrumen saham, reksa dana, maupun ekuitas perusahaan peserta amnesti pajak itu sendiri.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorM Fajar Marta
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X