Kompas.com - 23/02/2017, 22:40 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kisruh PT Freeport Indonesia menyeret turun harga saham induk perusahaannya yakni Freeport McMoran Inc (FCX) di bursa New York. Pada perdagangan Rabu atau Kamis waktu Indonesia (23/2/2017), saham FCX ditutup turun 2,83 persen ke level 13,73 dollar AS per saham.

Penurunan harga saham FCX melanjutkan penurunan harga pada perdagangan sehari sebelumnya. Pada Selasa atau Rabu (22/2/2017) waktu Indonesia, harga saham FCX itu ditutup di level 14,13 dollar AS per saham atau turun 5,23 persen dibandingkan penutupan hari sebelumnya yang di level 14,91 dollar AS per saham.

Menurut analis dari Danareksa Sekuritas, Lucky Bayu Purnomo, harga saham FCX masih berpotensi turun.

"Seburuk-buruknya, harga saham FCX bisa turun ke level 12 dollar AS per saham," kata Lucky kepada Kompas.com, Kamis.

Pada akhir tahun lalu, 30 Desember 2016, harga saham FCX berada di level 13,19 dollar AS per saham. Saat itu, pelonggaran ekspor konsentrat yang menjadi kebijakan pemerintah Indonesia akan segera berakhir. Relaksasi ekspor konsentrat yang dimulai 2014 itu berakhir pada 12 Januari 2017.

Menurut Lucky, jika dibandingkan tiga tahun lalu, ketidakpastian yang dihadapi Freeport Indonesia saat ini bisa makin membenamkan harga saham FCX, tetapi juga bisa justru diapresiasi pasar. "Pasar internasional akan lebih dinamis apalagi ketika masuk arbitrase," ucap Lucky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.