Pasar Bebas ASEAN Jadi Peluang bagi Industri Kreatif Nasional

Kompas.com - 14/03/2017, 18:04 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih mengatakan, pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN bisa menjadi peluang dan tantangan bagi industri kreatif dalam negeri khususnya sektor IKM.

“Kemenperin melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasinya, antara lain melalui penyusunan dan implementasi Standar Nasional Indonesia (SNI) terhadap produk kerajinan,” ucapnya di Kemenperin, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Agar mampu unggul pada era pasar bebas, diperlukan branding dan promosi produk yang masif. “Yang tidak kalah penting adalah menguatkan branding produk nasional,” imbuhnya.

Kemenperin juga telah meluncurkan program e-Smart IKM yang mewadahi para pelaku IKM potensial untuk memasarkan produk unggulannya dengan menggandeng marketplace yang sudah ada.

"Karena jaminan kualitas dan ketepatan waktu adalah kunci untuk mencapai keberhasilan pemasaran,” tegasnya.

Gati memastikan, IKM yang telah memanfaatkan pemasaran melalui online akan mampu meningkatkan nilai penjualannya. “Hal ini yang terus kami dorong, karena dengan income meningkat, produktivitasnya akan naik, dan tenaga kerjanya juga bertambah,” jelasnya.

Gati menyampaikan, industri kreatif menyumbang sekitar Rp 642 triliun atau 7,05 persen terhadap total PDB Indonesia pada tahun 2015.

“Kontribusi terbesar berasal dari sektor kuliner sebanyak 34,2 persen, mode atau fashion 27,9 persen dan kerajinan 14,88 persen,” sebutnya.

Industri kreatif merupakan sektor keempat terbesar dalam penyerapan tenaga kerja nasional, dengan kontribusinya mencapai 10,7 persen atau 11,8 juta orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.