Bank Tanah Ditargetkan Beroperasi Tahun Ini

Kompas.com - 20/03/2017, 19:02 WIB
Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil saat menjabat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, di Jakarta, Jumat (22/7/2016). Estu Suryowati/Kompas.comMenteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil saat menjabat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, di Jakarta, Jumat (22/7/2016).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengungkapkan bank tanah akan beroperasi pada tahun ini. Bank tanah dibentuk guna menjamin ketersediaan lahan untuk kepentingan umum mulai dari pembangunan infrastruktur, pembangunan kota baru, hingga upaya pemerintah untuk mengendalikan harga lahan.

Menurutnya, saat ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang tengah menyelesaikan draft Peraturan Pemerintah (PP) sebagai payung hukum bank tanah yang akan berbentuk seperti Badan Layanan Umum (BLU).

"Target tahun ini mulai," ujar Sofyan di Kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Jakarta, Senin (20/3/2017). Sofyan menjelaskan, saat ini pihaknya belum memiliki data yang lengkap terkait berapa lahan yang akan dikelola oleh bank tanah.

"Kita belum punya data yang cukup detail (tanah yang akan dikelola). Tetapi bank tanah akan mengatur mana lahan untuk reforma agraria, kawasan industri, untuk perumahan, infrastruktur dan lain-lain," jelasnya.

Sementara, pihak yang akan mengelola atau mengembangkan lahan dari bank tanah akan ditentukan melalui proses pelelangan.

"Tanah ini sumber daya yang terbatas, jadi  penggunanya harus baik. Kami harapkan (pemggunaan) tanah itu bisa berikan manfaat yang optimum," tutur Sofyan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X