Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Bawa "Penjegalan" CPO oleh Uni Eropa ke Forum G20

Kompas.com - 10/04/2017, 20:22 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan tidak akan tinggal diam atas keputusan Parlemen Uni Eropa mengeluarkan resolusi sawit dan melarang biodiesel berbasis kelapa sawit.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, salah satu langkah yang akan diambil pemerintah yakni membawa persoalan itu ke forum-forum internasional, salah satunya forum G20.

"Iya ke seluruh forum (internasional) yang ada tentu kami akan bawa," ujarnya di Kantor Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (10/4/2017).

Sejumlah menteri tutur Mendag, sudah menyampaikan protes keras atas keputusan Parlemen Uni Eropa terhadap industri sawit Indonesia, di antaranya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Menteri Pertanian.

"Maka kami (Kementerian Perdagangan) akan lakukan hal yang sama. Pemerintah akan mengambil langkah," kata dia.

Namun Enggartiasto belum bisa memprediksi dampak keputusan Parlemen Uni Eropa kepada ekspor CPO Indonesia. Sebab keputusan itu belum lama diambil.

Sebelumnya, Parlemen Uni Eropa mengeluarkan resolusi sawit dan melarang biodiesel berbasis kelapa sawit. Alasannya, pekebunan kelapa sawit di Indonesia dinilai menciptakan deforestasi, korupsi, pekerja anak, sampai pelanggaran HAM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com