VietJet Air Minat Buka Rute ke Indonesia, Menhub Minta Harus Sopan

Kompas.com - 11/04/2017, 13:25 WIB
VIETJET VIA FACEBOOK Pramugari Vietjet Air

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi merespon rencana maskapai asal Vietnam yakni VietJet Air yang berencana akan membuka rute penerbangan di Indonesia.

Menurut Menhub, pihaknya memiliki syarat dan ketentuan dari yang harus dipatuhi oleh maskapai jika ingin terbang di Indonesia.

"Itu (VietJet Air) ketentuannya yang pasti harus sopan," ujar Budi Karya seusai Coffe Morning di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Seperti diketahui, maskapai VietJet Air merupakan maskapai asal Vietnam yang terkenal karena kontroversi seragam pramugarinya yang menggunakan bikini pada pernerbangan tertentu.

Sebelumnya, Kemenhub menyatakan sampai saat ini belum menerima permohonan maskapai penerbangan VietJet Air untuk membuka penerbangan di Indonesia.

"Jadi sampai saat ini, belum ada permohonan dari maskapai VietJet Air untuk membuka penerbangan ke Indonesi," ujar Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Direktorat Jenderal Hubungan Udara Kemenhub, Agus Soebagio.

Menurut Agus, Kemenhub juga tifak serta merta langsung memberikan izin pembukaan rute kepada Vietjet Air. Pihaknya perlu mengevaluasi operasional maskapai sesuai dengan regulasi yang ditetapkan.

"Jadi kami evaluasi terlebih dahulu seperti izin rutenya, teknis operasionalnya. Kalau semua syarat terpenuhi baru mendapatkan izin, tetapi kalau belum dipenuhi semuanya belum dapat izin," jelasnya.



EditorBambang Priyo Jatmiko

Close Ads X