Mengapa Orang Indonesia Suka Beli Properti di Luar Negeri?

Kompas.com - 14/04/2017, 12:38 WIB
Merlion, Singapura. KOMPAS.COM/NICKY AULIA WIDADIOMerlion, Singapura.
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia ternyata gemar membeli properti di negara lain. Properti di Singapura dan di Australia ternyata jadi incaran investor properti dari Indonesia.

Demikian menurut hasil survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Survei ini dilakukan Rumah.com bersama lembaga riset Intuit Research, Singapura dengan total 1.030 responden dari seluruh Indonesia. Survei ini berlangsung selama November-Desember 2016.

Berdasarkan hasil survei, alasan utama mereka membeli properti di luar negeri karena potensi meraih keuntungan yang lebih baik. Secara persentase, alasan ini mencapai 67 persen dari jawaban responden.

Alasan lainnya yakni hasil sewa yang lebih tinggi (37 persen). Kemudian, sebagai bekal masa pensiun (35 persen). Juga alasan negara asal keluarga responden (35 persen).

Responden lain memilih alasan sebagai tabungan pendidikan anak (34 persen). Mereka juga menilai properti di luar negeri memiliki lingkungan yang lebih baik (30 persen).

Sisanya, memilih properti di luar negeri sebagai perlindungan terhadap inflasi dan risiko depresiasi mata uang (28 persen).

Hasil survei juga menunjukkan bahwa responden banyak memilih apartemen di Singapura sebagai target investasi. Sementara di Australia, responden lebih banyak memilih rumah tapak sebagai pilihan.

Wasudewan, Country Manager Rumah.com menjelaskan bahwa dengan infrastruktur dan stabilitas keamanan yang baik, tidak mengherankan jika Singapura menjadi pilihan para investor dari Indonesia maupun negara lain di sekitarnya.

Karena infrastruktur juga mempengaruhi kualitas gaya hidup masyarakatnya, termasuk para ekspatriat yang menyewa berbagai hunian di Singapura.

"Negara ini juga memiliki akses transportasi yang bagus untuk menghubungkan warganya secara lokal maupun internasional," kata Wasudewan melalui rilis pers, Kamis (13/4/2017).

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.