Kompas.com - 19/04/2017, 13:13 WIB
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Anjloknya harga minyak membuat perekonomian Venezuela kian anjlok. Bahkan, krisis ekonomi di negara kaya minyak tersebut semakin parah dan akut.

Dana Moneter Internasional (IMF) pun mengakui bobroknya ekonomi negara itu. Ini dibuktikan dengan langkah IMF yang tidak memperbaiki outlook ekonomi Venezuela.

"Venezuela masih terbenam dalam krisis ekonomi yabg dalam," tulis IMF dalam laporan World Economic Outlook seperti dikutip dari CNN Money, Rabu (19/4/2017).

Tingkat pengangguran Venezuela diprediksi menembus 25 persen pada tahun ini dan memburuk hingga mencapai 28 persen pada tahun 2018 mendatang. Padahal, angka pengangguran di negara itu mencapai 7,4 persen pada tahun 2015 silam.

Ekonomi Venezuela merosot 18 persen pada tahun 2016, menandai tahun ketiga resesi. Tidak diragukan lagi pertumbuhan ekonomi negara tersebut akan tetap minus pada tahun ini dan tahun depan.

Adapun prediksi IMF terhadap inflasi Venezuela juga buruk, yakni 720 persen tahun ini. Angka tersebut dipangkas separuh dari proyeksi sebelumnya, namun diprediksi bakal mencapai 1.200 persen pada tahun 2018.

Krisis ekonomi Venezuela juga memicu gelombang unjuk rasa dan krisis sosial. Sejak 1 April 2017, setidaknya aksi unjuk rasa telah menewaskan empat orang warga.

Warga Venezuela telah bertahun-tahun bertahan hidup dalam kondisi kekurangan bahan pangan dan obat-obatan. Harga pangan dan kebutuhan pokok lainnya meroket tinggi, mengikis gaji dan nilai mata uang bolivar.

(Baca: Di Venezuela, Jumlah Uang Beredar Melonjak 200 Persen)

Kompas TV Jalan Raya Ibu Kota Venezuela, Caracas, berubah jadi medan pertempuran antara pelajar dan polisi.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.