Mendag: Permintaan Bahan Pokok Saat Ramadhan Meningkat 30 persen

Kompas.com - 09/06/2017, 11:40 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Pedagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, Jumat (9/6/2017), melakukan kunjungan kerja ke Indogrosir di Jatiulum, Tangerang.

Kunjungan Mendag kali ini, untuk meninjau ketersediaan stok bahan pokok di toko ritel. Sebab, menurut Mendag Enggartiasto, kebutuhan bahan pokok meningkat saat memasuki bulan Ramadhan. Peningkatan bahan pokok hingga mencapai 30 persen. 

"Jadi, saya ingin medapatkan ketersediaan stok itu sendiri.Karena rata-rata menjelang saat bulan suci Ramadhan ini demand-nya meningkat sekitar 20 persen-30 persen. Kami mau tahu sampai seberapa jauh ketersediaan dari stok itu," ujar Enggartiasto. 

Selain itu, kunjungan Enggartiasto juga memastikan kebijakan pemerintah mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET) seperti gula dan minyak goreng dijalankan oleh pasar ritel.  

"Saya juga ingin memastikan apakah  program pemerintah mengenai gula minyak goreng di pasar ritel itu  tersedia dalam jumlah yang memadai  dan ternyata itu ada," jelas dia. 

Enggartiasto pun meminta kepada pengelola Indogrosir untuk terus menyuplai bahan-bahan pokok dengan harga yang murah ke warung-warung kelontong.  

Dalam kunjungan kali ini, Mendag Enggartiasto ditemani oleh Direktur PT Indofood Sukses Makmur Franciscus Welirang dan Direktur Operasional Indogrosir, Suyono. 

Sekadar informasi juga, pemerintah telah menetapkan HET pada sejumlah bahan pokok. Untuk gula pemerintah telah menetapkan HET sebesar Rp 12.500 per kilogram, sedangkan untuk minyak goreng HET-nya sebesar Rp 11.000 per liter. 

(Baca: Mendag: Importir Bawang Putih Nakal Akan Dipidanakan)

Kompas TV Pemerintah Harus Tetapkan Harga Acuan Selama Ramadhan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.