Pertamina Tambah Fasilitas Pengisian BBM di Sepanjang Jalur Mudik

Kompas.com - 20/06/2017, 10:09 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menambah sejumlah fasilitas di sepanjang jalur mudik, terutama di Pulau Jawa selama masa Lebaran 2017.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito menjelaskan, salah satu fasilitas yang disediakan adalah pendirian kios dalam bentuk tenda serta mobil tangki yang telah dilengkapi flow meter di sejumlah titik kemacetan jalur mudik, mulai 23 Juni hingga 2 Juli 2017.

Kios Pertamina yang menjual BBM itu didirikan di 36 titik. Produk yang dijual antara lain Pertamax, Dexlite, dan Pertamina Dex dengan harga produk sama dengan harga jual di SPBU.

"Jadi persiapan kami sudah dari kemarin, sudah ada (mendirikan) kios kemudian (menyiapkan) mobil tangki. Sudah ada diposisinya masing masing," kata Adiatma, kepada wartawan, di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017) malam.

Dia menjelaskan, Pertamina tidak akan menambah jumlah SPBU di sepanjang jalur mudik. Melainkan dengan menyediakan mobil tangki dispenser.

"Jadi pemudik bisa melihat meternya di situ. Dengan tingkat safety yang sudah kami persiapkan, dan ini semua untuk kondisi darurat apabila kekurangan bahan bakar," kata Adiatma.

Dia mengimbau pemudik untuk mengisi penuh bensin sebelum berangkat mudik. Jika bensin masih ada setengah, Adiatma mengimbau pemudik tetap mengisi penuh bensinnya. Hal ini untuk menghindari kepadatan di SPBU.

Pemudik juga dapat menggunakan kontak center 1-500-000 untuk memandu ke SPBU terdekat. Pertamina juga menyediakan sepeda motor yang akan mengantarkan bahan bakar kemasan pada saat darurat.

Fasilitas lain yang disiapkan adalah Serambi Pertamax. Pertamina mendirikan Serambi Pertamax di 10 lokasi. Yakni di SPBU di Km 102 Tol Cipali, Rest Area Non-SPBU Km 228 Tol Cipali, Rest Area Non-SPBU Km 252 Tol Cipali, dan SPBU Coco 41.51201 di jalur Non Tol Batang.

Selain itu terdapat Serambi Pertamax di Rest Area Non-Tol SPBU di Km 22 Tol Bawean-Semarang, SPBU 4453128 di Banyumas, SPBU 445-139 di Kaligawe, SPBU 4452108 Muri-Tegal, SPBU 5461232 Tjiwie-Mojokerto, dan SPBU 4452216 di Bumi Ayu.

"Fasilitas yang terdapat di Serambi Pertamax seperti area istirahat, tempat bermain anak, nursing area, dining area dan fasilitas charging. Selain itu terdapat mushola, tempat wudhu, dan toilet," kata Adiatma.

Di sisi lain, pemudik juga dapat membayarkan zakat mereka di SPBU. Pertamina telah bekerja sama dengan beberapa lembaga zakat seperti Darul Quran, Al Azhar, Rumah Zakat, Baznas, dan Nurul Hayat.

SPBU akan menerima zakat infaq dan sedekah (ZIS) selama periode 20 Juni hingga 24 Juli 2017. "Ini untuk mempermudah umat muslim menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah konsumen di SPBU," ujar Adiatma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.