4 Persiapan Wajib Sebelum Berebut Tiket Mudik dengan Kereta Api

Kompas.com - 01/03/2019, 07:56 WIB
Ilustrasi kereta api KOMPAS / AGUS SUSANTOIlustrasi kereta api

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta Api merupakan salah satu moda trasnportasi pilihan favorit para pemudik.

Data PT Kereta Api Indonesia (Persero) menunjukkan, sepanjang periode mudik Lebaran tahun lalu, setidaknya ada 5,3 juta orang yang memilih kereta api sebagai moda transportasi untuk pulang kampung. Angka tersebut meningkat 5 persen dibandingkan periode mudik tahun sebelumnya.

KAI sudah menyediakan penjualan tiket mudik jauh-jauh hari, bahkan 90 hari sebelum H-10 Hari Raya Idul Fitri, atau per 25 Februari 2019 lalu. Namun, para pemudik pun kerap kali harus menghadapi 'perang' jika ingin mendapatkan tiket mudik di hari yang mereka inginkan.

Terutama bagi mereka yang pulang kampung semakin mendekati hari H Lebaran.

Baca juga: Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran Bisa Dipesan Mulai Hari Ini

Pasalnya, KAI juga membatasi jumlah tiket yang dijual selama periode lebaran kali ini, yaitu sebanyak 247.010 tiket per hari.

Lalu, apa saja yang harus disiapkan untuk berburu tiket kereta api untuk mudik Lebaran?

1. Log in aplikasi KAI Access

Salah satu penumpang mudik yang sudah dua tahun mengalami masa-masa rebutan tiket kereta Jakarta - Klaten, Ajeng Pamungkas (24 tahun) mengatakan, Anda harus log in terlebih dahulu dan pastikan pemudik sudah teregistrasi di KAI Access sebelum proses beruru tiket diperlakukan untuk mempersingkat waktu.

Sehingga, ketika sudah memasukkan jumlah tiket yang diinginkan sesuai dengan tujuan dan pilihan jenis kereta, pengguna kereta api tak perlu melewati proses pengisian alamat e-mail dan password.

"Login dulu biar cepat, tulis biodata di notepad biar tinggal copas (copy-paste)," ujar Ajeng kepada Kompas.com, Kamis (28/2/2019).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X