OSS "Upgrade" Diluncurkan Pekan Depan, Apa Bedanya?

Kompas.com - 05/03/2019, 17:28 WIB
Kepala BKPM Thomas Lembong. KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAKepala BKPM Thomas Lembong.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diluncurkan pada Juli 2018, sistem online single submission (OSS) akan ditingkatkan kualitas pelayanannya alias upgrade. Rancananya Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan meluncurkannya pekan depan.

Kepala BKPM Thomas Lembong mengungkapan, OSS upgrade akan menghadirkan sistem perizinan usaha yang lebih terkoneksi atau nge-link dibandingkan versi sebelumnya.

"OSS itu kan online jadi sebetulnya dari mana saja bisa diakses selama punya akses kepada internet," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Baca juga: INDEF Nilai OSS Justru Hambat Investasi Asing

Meski bisa diakses dari mana saja selama punya akses internet, namun OSS punya pekerjaan rumah dalam sinkronisasi dengan sistem perizinan usaha di kementerian maupun di pemerintah daerah.

Hal inilah yang menjadi perhatian BKPM. Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa OSS upgrade akan memberikan fasilitas yang lebih terkoneksi dibandingkan versi terdahulu.

"Jadi lebih memfasilitasi, koordinasi, sinkronisasi, harmonisasi antara kementerian, lembaga dan pemda," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Luhut: Kalau Ada OSS, Kasus Seperti Meikarta Harusnya Tak Terjadi Lagi

Sebelumnya, BKPM mengambil alih pengelolaan OSS pada 2 Januari 2019. Sebelumnya OSS dikelola oleh Kementerian Koordinator Perekonomian (Kemenko Perekonomian).



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X