Era Industri 4.0, Mahasiswa Didorong Semangat Berwirausaha

Kompas.com - 12/03/2019, 14:10 WIB
Dalam rangkaian peringatan dies natalis ke-60, Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar kuliah umum menghadirkan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sebagai pembicara utama di Auditorium Kampus Untar, Jakarta (11/3/2019).Dok. Untar Dalam rangkaian peringatan dies natalis ke-60, Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar kuliah umum menghadirkan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sebagai pembicara utama di Auditorium Kampus Untar, Jakarta (11/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mendorong mahasiswa dan akademisi untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di era industri 4.0 sekaligus berkontribusi dalam perekonomian Indonesia.

Hal tersebut ia sampaikan dalam kuliah umum di Universitas Tarumanegara, Jakarta yang dihadiri lebih dari 200 mahasiswa.

“Kita harus menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi generasi muda dan mendorong mereka mempelajari konsep kewirausahaan yang relevan di era industri 4.0," ujar Enggar dalam keterangan tertulis, Selasa (12/3/2019).

Baca juga: Benarkah Industri 4.0 Hilangkan Peran Manusia?

Enggar mengatakan, masyarakat, utamanya mahasiswa harus mempersiapkan diri, baik dari segi mental, pengetahuan, dan keterampilan. Sehingga, saat era tersebut datang, manusia-manusia di Indonesia sudah siap dan mampu berdaya saing.

Enggar mengatakan, pada 2018, di negara-negara maju, sebanyak 14 persen dari total penduduk usia kerja adalah wirausahawan. Sedangkan wirausahawan di Indonesia hanya mencapai 3,1 persen dari jumlah penduduk.

"Ini yang perlu terus didorong untuk terus menumbuhkan minat kewirausahan bagi para generasi muda," kata Enggar.

Baca juga: Menkeu: Di Era Industri 4.0, Data Setara dengan Perusahaan Tambang

Dalam paparannya, Enggar menekankan bahwa kewirausahaa harys ditekuni dengan serius. Kewirausahaan merupakan pemberdayaan dan kemitraan.

"Maju bersama dengan mitra dan tidak boleh ada yang dirugikan,” tambah Enggar.

Selain itu, lanjut Enggar, wirausahawan merupakan pimpinan yang visioner, artinya yang harus bisa memberdayakan staf dan bawahannya untuk lebih maju dan siap menjadi pemimpin. Untuk menjadi visioner, ada tiga hal yang diperlukan, yaitu ekspansif, berani mengambil risiko, berpikir di luar kebiasaan (thinking out of the box).

Baca juga: 4 Kunci Menjadi Pemimpin Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0

Enggar mengatakan, kewirausahaan di era revolusi industri 4.0 merupaka kompetisi dalam kecepatan menyampaikan dan menjual ide. Kuncinya adalah menciptakan kebutuhan pasar, selalu belajar, dan meningkatkan produktivitas.

Untuk itu, proses belajar di lembaga pendidikan dan universitas harus berpusat pada mahasiswa dan tidak lagi mendengarkan paparan pengajar satu arah.

Proses belajar juga harus mengajak mahasiswa untuk berpikir kreatif dan inovatif. Enggar juga menekankan para pengajar untuk menjadi mentor yang aktif membimbing dan mendorong anak didiknya mencapai potensi terbaik.


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X