Kompas.com - 21/03/2019, 12:33 WIB
Ilustrasi ThinsktockIlustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Generasi milenial, yang kini berusia antara 18-35 tahun, sudah banyak yang menyecap kekayaan dari hasil kerja mereka. Seperti banyak aspek lainnya, cara milenial memaknai kekayaan pun berbeda dengan generasi-generasi pendahulunya.

Dilansir dari Business Insider, Kamis (21/3/2019), dibandingkan dengan baby boomers, milenial kaya cenderung lebih banyak berinvestasi pada hal-hal seperti kesehatan, perawatan diri, pengalaman, dan mata uang kripto.

Selain itu, lantaran mereka telah akrab dengan teknologi sejak belia, milenial senang memamerkan kekayaan mereka di media sosial dan memilih membeli barang mewah secara online. Penampilan mereka pun berbeda, yakni lebih senang busana kasual dibandingkan generasi pendahulunya.

Baca juga: Ini 3 Instrumen Investasi yang Cocok Untuk Milenial

Menurut laporan The Why of Wealth yang dirilis Boston Private pada 2018 lalu, perilaku ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa milenial mendefinisikan kekayaan lebih kepada tujuan, kesuksesan, dan kebahagiaan dalam arti luas.

Berikut adalah 5 cara milenial memaknai kekayaan, yang berbeda dengan generasi sebelumnya.

1. Milenial belanja pengalaman

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi liburanmaxsaf Ilustrasi liburan

Berdasarkan temuan JP Morgan, secara umum milenial lebih memilih membelanjakan uang untuk pengalaman ketimbang barang. Ini mencakup liburan, hiburan, dan makan di restoran bila dibandingkan dengan orang tua atau kakek dan nenek mereka.

"Mereka memandang kekayaan dalam menceritakan pengalaman mereka, ketimbang membeli barang mahal," kata Andrew Moultrie dari Extreme International kepada Forbes.

2. Milenial pamer pengalaman dan kekayaan di media sosial

Ilustrasi liburanDmitry Galaganov/Shutterstcok Ilustrasi liburan

Milenial, menurut sebuah artikel di Forbes, sangat menginginkan validasi. Mereka senang memamerkan kekayaan berupa pengalaman lewat media sosial.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X