Prabowo Janji Turunkan Tarif Lisrik, Luhut Bilang "Enggak Sesederhana Itu"

Kompas.com - 08/04/2019, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, penurunan tarif listik tidak sesederhana yang diucapkan.

Hal itu ia sampaikan saat ditanya komentarnya terkait janji Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang mau menurunkan tarif listik dalam 100 hari andai menang di Pilpres 2019.

"(Kalau) Saya mau turunin, itu gimana harga produksinya? Enggak bisa sesederhana itu," ujarnya di Jakarta, Senin (8/4/2019).

Baca juga: Jika Menang Pilpres, Prabowo Janji Turunkan Tarif Listrik 100 Hari Masa Pemerintahannya

Luhut mengatakan, banyak hal yang perlu dihitung dan dipertimbangkan untuk mengambil kebijakan menurunkan tarif listrik.

Hal ini dinilai penting agar terjadi keseimbangan antara PLN sebagai bisnis dan rakyat yang menikmati ketersediaan listrik untuk kehidupan sehari-hari.

"Kami sekarang bikin lampu panel, itu bantu peran daerah juga, bisa kurangi harga listrik juga," kata Luhut.

Baca juga: Maret 2019, Tarif Listrik 900 VA Turun

Sebelumnya, dalam Kampanye Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Prabowo menjanjikan berbagai hal kepada pendukungnya. Salah satu yang ia janjikan yakni menurunkan tarif listrik dalam 100 hari pertama bila menjadi presiden.

Prabowo yakin hal itu bisa dilakukan karena timnya sudah memiliki hitungan-hitungan yang memungkinkan tarif listrik akan turun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.