Dollar AS Perkasa Hari Ini, Apa Faktornya?

Kompas.com - 12/04/2019, 14:30 WIB
Ilustrasi dollar AS Thinkstock.comIlustrasi dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar dollar AS kembali menguat pada Jumat (12/4/2019). Penguatan dollar AS pun mau tak mau membuat mata uang regional Asia melemah, tanpa kecuali rupiah.

Pada perdagangan pagi ini, Jumat (12/4/2019) di pasar spot, nilai tukar rupiah sempat melemah tipis ke level Rp 14.145 per dollar AS dibandingkan pada posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya, yakni Rp 14.140 per dollar AS.

Siang ini, rupiah sedikit menguat ke level Rp 14.144 per dollar AS.

Lalu, apa sebenarnya faktor yang mendorong penguatan dollar AS hari ini?

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI) Nanang Hendarsah menjelaskan, secara umum dollar AS menguat terhadap seluruh mata uang negara-negara G10 dan negara-negara berkembang (emerging countries).

Baca juga: BI: Rupiah Tetap Stabil di Tengah Penguatan Dollar AS

"Karena semakin panjangnya ketidakpastian Brexit setelah EU menyepakati perpanjang deadline Brexit hingga 31 Oktober membuat memicu kembali pelemahan nilai tukar euro," kata Nanang kepada Kompas.com, Jumat.

Nanang menuturkan, penguatan dollar AS juga ditopang kenaikan imbal hasil (yield) obligasi pemerintah AS atau US Treasury bonds. Ini sebagai respon rilis data indeks harga produsen AS bulan Maret 2019 yang meningkat ke level tertinggi dalam 5 tahun terakhir.

Selain itu, klaim tunjangan pengangguran (Inital Jobless Claims) juga merosot ke level terendah sejak 1969. Kondisi ini sedikit meredakan kekhawatiran potensi perlambatan ekonomi AS, sehingga membuat yield US Treasury kembali naik.

Namun demikian, Nanang menegaskan bahwa rupiah dalam kondisi stabil dan terjaga. BI, imbuh dia, berada di pasar untuk memastikan ketersediaan likuiditas DNDF dan melakukan intervensi di pasar spot dalam jumlah yang terukur.

Pada perdagangan pagi ini, Jumat (12/4/2019) di pasar spot, nilai tukar rupiah sempat melemah tipis ke level Rp 14.145 per dollar AS dibandingkan pada posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya, yakni Rp 14.140 per dollar AS. Siang ini, rupiah sedikit menguat ke level Rp 14.144 per dollar AS.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BI: Rupiah Tetap Stabil di Tengah Penguatan Dollar AS", https://ekonomi.kompas.com/read/2019/04/12/141102826/bi-rupiah-tetap-stabil-di-tengah-penguatan-dollar-as.
Penulis : Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X