Go-Jek Sudah Decacorn, Kapan Traveloka dan Bukalapak Menyusul?

Kompas.com - 16/04/2019, 06:13 WIB
Ilustrasi Kantor Go-Jek Singapura ReutersIlustrasi Kantor Go-Jek Singapura

JAKARTA, KOMPAS.com - Go-Jek, salah satu unicorn perusahaan rintisan ( startup) Indonesia, akhirya meraih status decacorn, yakni startup yang memilik valuasi 10 miliar dollar AS ke atas atau sekitar Rp 14.000 triliun.

Bagaimana Bukalapak dan Traveloka? Kapan dua unicorn Indonesia (startup dengan nilai perusahaan mencapai 1 miliar dollar AS ke atas atau Rp 140 triliun) naik kelas ke decacorn? 

Kedua unicorn itu belum pikirkan soal status  Decacorn. Sebab, mereka masih fokus menjawab kebutuhan masyarakat.

Head of Corporate Communication Bukalapak Intan Wibisono menyebutkan, status unicorn ataupun decacorn bukan tujuan utama Bukalapak didirikan.

"Status bukan tujuan utama, tetapi penyemangat kami untuk terus menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat," ujarnya seperti dikutip dari Kontan.co.id, Senin (15/4/2019).

Baca juga: Go-Jek Jadi Decacorn, Ini Tingkatan Startup Hingga Kasta Tertinggi

Menurut dia, dalam membangun bisnis bukan semata-mata guna mendapatkan investasi. Oleh sebab itu, pihaknya memilih fokus menjadi perusahaan teknologi yang mampu memberikan dampak positif.

Salah satu satunya yakni memberdayakan usaha kecil di Indonesia dan berinovasi untuk menciptakan kemudahan bagi seluruh lapisan masyarakat melalui teknologi pintar.

Saat ini pihaknya fokus berinovasi salah satunya dalam membangun ekosistem online to offline di Indonesia melalui Mitra Bukalapak. Untuk mendukung inovasi tersebut pihaknya tengah membangun beberapa pusat research and development (R&D).

"Ada di Yogyakarta, Bandung, Surabaya dan Medan," tuturnya.

Senada, Sufintri Rahayu, Public Relation Director Traveloka menyebutkan pihaknya fokus utama Traveloka saat ini guna memgembangkan platformnya.

"Kami sangat bangga tentunya dengan predikat yg disematkan kepada kami menjadi salah satu unicorn di Indonesia, tetapi buat kami fokus utamanya adalah untuk mengembangkan platform kami menjadi sebuah discovery platform," ucap dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X