Dompet Dhuafa Targetkan Kumpulkan Dana Rp 200 Miliar selama Ramadhan 2019

Kompas.com - 25/04/2019, 07:31 WIB
Ilustrasi zakat: Warga antre masuk ke Masjid Istiqlal, Jakarta. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi zakat: Warga antre masuk ke Masjid Istiqlal, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga nirlaba, Dompet Dhuafa menargetkan bisa mengumpulkan dan mengelola zakat sebesar Rp 200 miliar pada Ramadhan tahun ini.

Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan, mengatakan target tersebut dicapai melalui peningkatan kesadaran masyarakat untuk berbagi dengan transaksi zakat, infak, sedekah maupun wakaf (ziswaf).

"Jumlah penerima manfaat Dompet Dhuafa dari 1993 hingga 2018 tercatat 19.13 juta jiwa dari berbagai layanan dan penghimpunan di 2018 mencapai Rp 312.50 miliar atau setara dengan 0,11 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di sektor pengentasan kemiskinan," kata Imam dalam keterangannya, Rabu (24/4/2019).

Imam menuturkan, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa persentase kemiskinan Indonesia pada 2018 sebesar 91.72 persen atau sekitar 23.80 juta jiwa belum tersentuh dan harus dibantu.

Padahal, potensi zakat nasional berdasar pada data dari Kementetian Agama (Kemenag) ialah sebesar Rp 217 triliun per 24 April ini.

“Maka, Dompet Dhuafa dalam mengisi Ramadan 1440 Hijriah mencoba untuk terus dan lebih mendekat dengan masyarakat melalui ramuan program-program pemberdayaan dan program khusus Ramadan," tuturnya.

Dia menyebutkan, adapun progaram yang tujuannya mengajak masyarakat untuk berzakat ialah lawat Sekolah Palestina, Tebar Zakat Fitrah, Grebek Kampung, Parcel Ramadhan, Posko Mudik, Home Stay, Sahabat Berbagi Harapan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X