Ditanya soal Kelemahan saat Wawancara, Ini 5 Cara Menjawabnya

Kompas.com - 28/04/2019, 10:08 WIB
Ilustrasi wawancara kerjafizkes Ilustrasi wawancara kerja

LONDON, KOMPAS.com - Wawancara kerja kerap menjadi sesi yang mendebarkan bagi banyak kandidat. Sebab, apabila jawaban yang diberikan dirasa kurang pas oleh pihak perusahaan, bisa jadi Anda gagal memperoleh pekerjaan impian.

Nah, salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan saat wawancara kerja adalah "Apa kelemaha Anda?." Pertanyaan ini pun seringkali membingungkan para pelamar kerja.

Darian Faraz, pakar karier di LinkedIn mengungkapkan, pertanyaan ini dapat dimanfaatkan sebagai kesempatan membalikkan hal negatif menjadi positif. Caranya dengan memberi contoh saat-saat ketika Anda mengubah ketidaksempurnaan menjadi keuntungan Anda.

"Hal yang perlu diingat tentang pertanyaan ini adalah setiap orang memiliki kelemahan, tidak peduli jenjang karier atau pengalamannya, jadi jangan panik," sebut Faraz.

Baca juga: Ketika Wawancara Kerja, Kapan Waktu Terbaik Membahas soal Gaji?

Dilansir dari Cosmopolitan UK, Minggu (28/4/2019), Faraz memberikan 5 cara menjawab pertanyaan terkait kelemahan Anda yang diajukan saat wawancara kerja.

1. "Saya terlalu kritis pada diri sendiri"

Ketika memuji rekan kerja dan apresiasi adalah salah satu poin kuat Anda, kita malah seringkali sulit mengidentifikasi prestasi diri sendiri di kantor. Namun, ini bisa menjadi hal positif menurut Faraz.

"Anda bisa berbicara tentang bagaimana Anda memelihara lingkungan yang mendukung di tempat kerja dengan secara rutin memuji rekan kerja, yang sebagai gantinya membantu Anda memandang pekerjaan Anda dengan cara yang lebih positif," jelas Faraz.

Ia menyarankan Anda membagikan informasi tentang pekerjaan yang Anda banggakan di LinkedIn, Instagram, atau Facebook. Ini adalah cara yang paling mudah dan membuat perusahaan Anda tampak bagus, yang akhirnya membuat perusahaan yang mewawancarai Anda memberikan apresiasi ketika mereka merekrut Anda.

Baca juga: Mau Wawancara Kerja? Simak Tips Pilih Busana dari Pakar Mode Ini

2. "Saya mencoba menyelesaikan masalah sendiri"

" Perusahaan selalu menginginkan kandidat yang tidak takut terjebak dalam pekerjaan mereka dan proaktif tentang tantangan baru," jelas Faraz.

Namun demikian, penting juga menunjukkan kemampuan Anda bekerja di dalam tim. Sehingga, Anda bisa menunjukkan bahwa Anda tidak masalah berinteraksi dengan rekan-rekan kerja baru Anda.

Halaman:



Close Ads X