Kemenhub Lepas Bus Perdana AKAP Tol Trans Jawa Tujuan Surabaya

Kompas.com - 27/05/2019, 20:46 WIB
Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik dan Multimoda Kemenhub, Cris Kuntadi (ketiga kiri) melepas secara simbolis operasional perdana bus AKAP Tol Trans Jawa yang mengangkut pemudik ke Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Senin (27/5/2019). 

KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGAStaf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik dan Multimoda Kemenhub, Cris Kuntadi (ketiga kiri) melepas secara simbolis operasional perdana bus AKAP Tol Trans Jawa yang mengangkut pemudik ke Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Senin (27/5/2019).

CAKUNG, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi melepas operasional perdana bus AKAP Tol Trans Jawa yang mengangkut pemudik ke Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Senin (27/5/2019).

Armada bus ini dilepas secara simbolis dari Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur.

Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik dan Multimoda Kemenhub, Cris Kuntadi, mengatakan selama ini pemerintah terus membangun infrastruktur untuk menunjang kelancaran muda transportasi. Salah satunya ialah jalan tol termasuk Trans Jawa.

"Tentunya, setelah selesai jalan tol ini, siapa yang akan lewat di situ?  Salah satu yang utama adalah bagaimana modal angkutan jalan (bus) bisa menggunakan," kata Cris di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Cris menjelaskan, Tol Trans Jawa yang sudah selesai dibagun dan digunakan telah mendapat perhatian dari publik. Bahkan disambut positif karena dapat menjadi alternatif selain jalan arteri atau jalan nasional.

"Tatestimoni apakah sopir, masyarakat bahwa mereka menyatakan dengan adanya jalan tol ini jauh lebih aman dan efisien. Bahkan biaya dari sini (Jakarta) sampai Surabaya lewat tol sama jalan keluar masuk-keluar masuk itu atau non tol ternyata lebih murah jalan tol," ungkapnya.

"Ini yang menjadi kebanggaan bersama bahwa harapannya angkuta jalan akan semakin kompetitif," lanjutnya.

Ia menyebutkan, pada pemberangkatan perdana ini ada delapan armada bus dari Perusahaan Otobus (PO) berbeda yang dilibatkan. Mereka mengangkut ratusan pemudik yang pulang kampung dan bertebaran di Surabaya.

"Jadi, perdana yang berangkat ini ada delapan armada dari delapan perusahaan (OP), masing-masing satu. 

Totalnya nanti ada 36 armada," sebut dia.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X