Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Sebut Tiket Pesawat Mudik Lebih Murah dari Tahun Lalu

Kompas.com - 29/05/2019, 21:42 WIB
Yoga Sukmana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak netizen mengeluhkan harga tiket pesawat mahal pada periode mudik Lebaran 2019. Mereka menumpahkan hal itu di media sosial.

Namun menurut Kepala Balitbang Kementerian Perhubungan Sugiharjo, harga tiket pesawat periode Lebaran 2019 lebih murah dari periode yang sama tahun lalu.

"Tolong dicatat, dalam periode Lebaran tiket pesawat angkutan udara tahun ini itu turun dibanding tiket udara tahun lalu," ujarnya dalam konferensi pers, Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Sugiharjo menyebut, penurunan harga tiket pesawat itu terjadi lantaran Kementerian Perhubungan sudah menurunkan tarif batas atas tiket pesawat 15 persen beberapa waktu lalu.

Baca juga: Soal Tiket Jakarta-Pekanbaru Tembus Rp 6,6 Juta, Ini Kata Lion Air

Setiap periode mudik Lebaran kata Sugiharjo, maskapai selalu menjual tiket pesawat di sekitar tarif batas atas. Namun dengan penurunan tarif batas atas, maka harga tiket juga akan turun.

"Karena pada saat puncak lebaran tahun ini maupun tahun lalu, orang menjualnya mendekati tarif batas atas," kata dia.

Adapun bila masyarakat merasa harga tiket masih mahal menurut Sugiharjo, maka tiket itu bukanlah tiket periode mudik Lebaran 2019. Ia menyebut itu tiket periode sebelum Lebaran dimana tarif batas atas belum di turunkan

"Tahun lalu airline menjualnya jauh dekat batas atas. Sekarang masih di bawah batas atas tetapi tinggi dirasakan masyarakat. Jadi saya garis bawahi, yang dirasakan masyarakat itu bukan saat puncak lebaran," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com