Kemenhub Sebut Tiket Pesawat Mudik Lebih Murah dari Tahun Lalu

Kompas.com - 29/05/2019, 21:42 WIB
Ilustrasi tiket pesawatTHINKSTOCK Ilustrasi tiket pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak netizen mengeluhkan harga tiket pesawat mahal pada periode mudik Lebaran 2019. Mereka menumpahkan hal itu di media sosial.

Namun menurut Kepala Balitbang Kementerian Perhubungan Sugiharjo, harga tiket pesawat periode Lebaran 2019 lebih murah dari periode yang sama tahun lalu.

"Tolong dicatat, dalam periode Lebaran tiket pesawat angkutan udara tahun ini itu turun dibanding tiket udara tahun lalu," ujarnya dalam konferensi pers, Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Sugiharjo menyebut, penurunan harga tiket pesawat itu terjadi lantaran Kementerian Perhubungan sudah menurunkan tarif batas atas tiket pesawat 15 persen beberapa waktu lalu.

Baca juga: Soal Tiket Jakarta-Pekanbaru Tembus Rp 6,6 Juta, Ini Kata Lion Air

Setiap periode mudik Lebaran kata Sugiharjo, maskapai selalu menjual tiket pesawat di sekitar tarif batas atas. Namun dengan penurunan tarif batas atas, maka harga tiket juga akan turun.

"Karena pada saat puncak lebaran tahun ini maupun tahun lalu, orang menjualnya mendekati tarif batas atas," kata dia.

Adapun bila masyarakat merasa harga tiket masih mahal menurut Sugiharjo, maka tiket itu bukanlah tiket periode mudik Lebaran 2019. Ia menyebut itu tiket periode sebelum Lebaran dimana tarif batas atas belum di turunkan

"Tahun lalu airline menjualnya jauh dekat batas atas. Sekarang masih di bawah batas atas tetapi tinggi dirasakan masyarakat. Jadi saya garis bawahi, yang dirasakan masyarakat itu bukan saat puncak lebaran," ucap dia.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X