Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rest Area Tol Cikampek Batal Ditutup Secara Penuh, Ini Gantinya

Kompas.com - 08/06/2019, 15:05 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga batal menutup tempat istirahat (rest area) di jalur Tol Cikampek arah Jakarta selama arus balik Lebaran 2019.

Bekerja sama dengan Korlantas Polri, Jasa Marga akhirnya menerapkan sistem buka tutup di rest area. Demikian seperti dikutip dari Antara, Sabtu (8/6/2019) siang.

Sebelumnya, Jasa Marga telah mengumumkan penutupan rest area di Tol Cikampek di Km 62B, Km 52B, Km 42B, dan Km 32B.

Namun, menanggapi dan menindaklanjuti masukan dari stakeholder terkait dan sesuai dengan diskresi kepolisian, maka rest area tidak akan ditutup secara penuh.

Baca juga: Arus Balik, Rest Area Sepanjang Tol Cikampek Arah Jakarta Ditutup

Korlantas Polri akan memberlakukan rekayasa buka tutup rest area secara situasional jika mulai terjadi kepadatan kendaraan di rest area.

Walaupun rekayasa buka tutup rest area dilakukan secara situasional, Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur tetap mengimbau pengguna jalan untuk tidak berhenti di rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada saat satu arah berlangsung.

“Kami tetap mengimbau pengguna jalan dapat mampir ke rest area-rest area sebelum masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek, terutama rest area arah Jakarta. Isi penuh BBM, top up uang elektronik dan beristirahatlah sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” ucap dia.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik untuk tidak berhenti di rest area di Tol Cikampek karena pada masa arus mudik kemarin, tempat istirahat tersebut menjadi salah satu penyebab terjadi permasalahan kepadatan lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com