Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Berencana Akuisisi Satu Bank Lagi

Kompas.com - 10/06/2019, 16:53 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (KOMPAS100: BBCA) berencana kembali mengakuisisi satu bank lagi setelah mencaplok PT Bank Royal Indonesia.

Namun, Direktur BCA Santoso belum mau mengungkapkan bank mana yang akan diakusisi perusahaannya itu.

“Tentunya kita punya rencana (akusisi) yang kami dengar tidak hanya satu, tapi ada satu lagi,” ujar Santoso di Kantor Bank Indonesia (BI), Jakarta, Senin (10/6/2019).

Baca juga: BCA Resmi Akuisisi Bank Royal

Meski belum mau mengungkapkan identitas bank yang akan diakusisi, Santoso memastikan aksi korporasi itu akan dilakukan pada tahun ini. Menurut dia, proses akuisisi tersebut saat ini dalam tahap pembahasan.

“(Proses akuisisi) bisa tahun ini, kalau enggak bisa tahun depan. Tapi itu semua sudah dalam rencana kita,” kata Santoso.

Sebelumnya, BCA akhirnya resmi mengumumkan identitas bank yang diakuisisi. Berdasarkan keterbukaan informasi di laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), BCA secara resmi telah melakukan Penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat pada 16 April 2019 lalu.

Baca juga: BCA Tunggu Uji Tuntas terhadap Bank yang akan Diakuisisi

BCA bersama dengan anak perusahaannya, yakni PT BCA Finance mengambil alih seluruh saham PT Bank Royal Indonesia sejumlah 2,872 juta lembar saham. Nilai transaksi tersebut maksimum sebesar Rp 1 triliun.

"BCA dan BCA Finance yang melakukan akuisisi seluruh saham Bank Royal," ujar Jan Hendra ketika dikonfirmasi Kompas.com, Senin (22/4/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com