Jonan Minta Aprobi Konsisten Suplai Fame untuk B30

Kompas.com - 13/06/2019, 13:28 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan saat melakukan uji coba penggunaan B30 di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (13/6/2019).KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan saat melakukan uji coba penggunaan B30 di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) konsisten dalam memasok fatty acid methyl ester (FAME) untuk penggunaan biodiesel 30 (B30).

Hal tersebut dikemukakan Jonan saat peluncuran uji coba pengimplementasian B30 untuk kendaraan di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (12/6/2019).

“(Aprobi) mesti konsisten, jangan sampai nanti harga minyak kelapa sawit naik fame-nya hilang. Enggak boleh hit and run, sekali komit tetap komit,” ujar Jonan.

Jonan pun mengancan jika pasokan fame tak konsisten akan melaporkan ke Presiden Joko Widodo untuk dibuatkan regulasi khusus.

“Kalau mentalitasnya hit and run, saya akan lapor Presiden untuk dibikinkan peraturan DMO seperti batu bara," kata Jonan.

Dalam kesempatan ini pun Jonan sempat mengkritik penerapan B20. Menurut dia, badan usaha yang diberi tugas melakukan pencampuran tak konsisten.

“Waktu B20 yang saya terima bahwa mungkin proses pencampuran atau pemurnian fame yang dicampur solar konsistensinya tidak selalu pas. Ini yang saya sarankan Pertamina atau badan usaha BBM lain, ini harus meyakinkan bahwa proses pencampuran betul,” ucap dia.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X