10 Penerbangannya Dipindahkan ke Kertajati, Ini Permintaan Lion Air

Kompas.com - 18/06/2019, 21:19 WIB
Pesawat Lion Air di Bandara APT Pranoto Samarinda Kalimantan Timur beberapa waktu lalu KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoPesawat Lion Air di Bandara APT Pranoto Samarinda Kalimantan Timur beberapa waktu lalu

MAJALENGKA, KOMPAS.com - Managing Director Lion Air Group, Daniel Putut mengaku mendukung langkah Kementerian Perhubungan memindahkan beberapa rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara International Jawa Barat, Kertajati, Majalengka.

Lion Air sendiri sebelumnya memiliki 10 rute penerbangan di Bandara Husein Sastranegara.

"Kami sebagai maskapai harus patuh, nurut sama regulator. Jadi kita ikut saja," ujar Daniel di Kertajati, Selasa (18/6/2019).

Kendati mendukung, Daniel meminta Kemenhub dan Angkasa Pura II selaku operator Bandara Kertajati menyiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan maskapai.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan, lanjut Daniel adalah masalah kargo. Sebab, saat 10 rute penerbangan Lion Air beroperasi di Bandara Husein, perusahaan tersebut melayani pengiriman kargo sebanyak 25 ton dalam tiap harinya.

"Tadi itu takutnya lupa masalah kargo ini. Kan kargo di era e-commerce ini sudah jadi market tersendiri. Tapi tadi sudah ada penyelesaian lah, jadi selain penumpangnya, saya minta barang-barangnya tolong diperhatikan," kata Daniel.

Mengenai kekhawatiran penurunan jumlah penumpang, Daniel tak mau memikirkannya. Dia mengaku optimis tak akan terjadi penurunan penumpang meski dipindahkan ke Bandara Kertajati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Asal tau saja, selama beroperasi di Bandara Husein Sastranegara, tingkat keterisian penumpang Lion Air sebanyak 80 persen.

"Ya kita lihat lah. Kita mending mikir yang positif aja, harapannya sih ke depan mudah-mudahan lebih baik," kata Daniel.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan melakukan penataan rute penerbangan di Bandar Udara Husein Sastranegara, Bandung.

Mulai 15 Juni 2019, bandara tersebut hanya akan melayani penerbangan angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri jenis propeler atau baling-baling.

Untuk penerbangan angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri jenis jet akan dipindahkan ke Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.