Kemenhub: 67 Persen Masyarakat Puas dengan Penerapan Satu Arah

Kompas.com - 19/06/2019, 20:11 WIB
Kondisi lalu lintas di kilometer 47 Tol Jakarta-Cikampek saat arus mudik Lebaran, Selasa (4/6/2019). KOMPAS.com/FARIDA FARHANKondisi lalu lintas di kilometer 47 Tol Jakarta-Cikampek saat arus mudik Lebaran, Selasa (4/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan, rata-rata masyarakat merasa puas dengan penerapan satu arah (oneway) saat musim mudik dan balik Lebaran 2019.

Menurut Budi, masyarakat menganggap penerapan satu arahmampu mengatasi kemacetan yang biasanya terjadi saat arus mudik dan balik Lebaran. Hal tersebut diketahui Budi berdasarkan hasil survei internal yang dilakukan pihaknya.

“Dari responden yang ada 67 persen mengatakan cukup bagus penerapan oneway. Kemudian, yang menyatakan oneway memperlancar perjalanan ada sebanyak 75 persen,” ujar Budi di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Budi pun mengklaim pelaksanaan mudik di tahun ini jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut dapat tercermin dari antisipasi kemacetan, penurunan jumlah pemudik dengan sepeda motor dan menurunnya angka kecelakaan yang terjadi saat musim mudik dan balik Lebaran 2019.

Baca juga: Lebaran, KA Sleeper Luxury Diserbu Peminat

“Saya pribadi terus terang saya melihat di 2019 ini banyak kelebihannya. Bukan karena saya salah satu pelaku. Kekurangannya ada di diri saya, kita harus all out, saya kurang tidur. Pak menteri ketemu saya siang hari muka saya hitam,” kata Budi.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pihaknya, 56 persen responden mengatakan pelayanan angkutan Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Lalu, 24 persen lainnya mengatakan sangat baik.

“10 persen lainnya mengatakan pelayanan tahun ini sama saja dan 10 persen lainnya menyebut lebih buruk. Secara umum masyarakat menilai angkutan mudik tahun ini sangat baik dan lebih baik,” ucap dia.

Pada musim mudik lebaran tahun ini, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor memang menurun. Jika di Lebaran 2018 jumlah pengguna sepeda motor sebanyak 1.580.016. Pada tahun ini, jumlah sepeda motor turun menjadi 1.378.574.

Angka kecelakaan pun menurun sebanyak 75 persen. Pada tahun lalu, terdapat 2.234 kejadian kecelakaan terjadi saat musim mudik dan arus balik lebaran. Di tahun ini, berdasarkan data Kementerian Perhubungan angka itu menurun sebesar 75 persen menjadi 563 kejadian.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X