Panel Surya Tak Berfungsi Saat Mendung, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 20/06/2019, 19:11 WIB
Panel surya dipasang di atap gedung Universitas Pertamina Jakarta yang menghasilkan daya 10 KWPKOMPAS.com/ KURNIASIH BUDI Panel surya dipasang di atap gedung Universitas Pertamina Jakarta yang menghasilkan daya 10 KWP

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemanfaatan energi sinar matahari atau surya terus digenjot sebagai salah satu energi alternatif. Namun, perkembangan energi surya juga diliputi oleh berbagai tantangan.

Salah satunya yakni panel surya yang tidak bisa berfungsi saat langit mendung. Apakah ini fakta atau mitos belaka?

Director of Technology Xurya Daya Indonesia Edwin Wijonarko memastikan, anggapan panel surya tidak bisa berfungsi saat mendung merupakan mitos.

" Panel surya tetap bisa bekerja saat mendung," ujarnya saat melakukan ujicoba pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Tokopedia Tower, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Baca juga: Pasang Panel Surya Bisa Hemat Listrik hingga 30 Persen

Pria bergelar doktor dari University of Colorado Boulder, AS itu mengatakan, panel surya tetap akan bekerja saat mendung sebab sesungguhnya cahaya hanya terhalang oleh awan.

Selama cahaya masih ada, ia memastikan bahwa panel surya tetap bisa bekerja.

Dalam uji coba di Tokopedia Tower, Edwin menunjukkan bahwa PLTS tetap menghasilkan listrik meski panel surya tertutup bayangan gedung.

Meski tetap berfungsi, Edwin mengatakan listrik yang dihasilkan panel surya yang tertutup bayangan tidak seoptimal saat panel surya terpapar sinar matahari secara langsung.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X