Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panel Surya Tak Berfungsi Saat Mendung, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 20/06/2019, 19:11 WIB
Yoga Sukmana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemanfaatan energi sinar matahari atau surya terus digenjot sebagai salah satu energi alternatif. Namun, perkembangan energi surya juga diliputi oleh berbagai tantangan.

Salah satunya yakni panel surya yang tidak bisa berfungsi saat langit mendung. Apakah ini fakta atau mitos belaka?

Director of Technology Xurya Daya Indonesia Edwin Wijonarko memastikan, anggapan panel surya tidak bisa berfungsi saat mendung merupakan mitos.

"Panel surya tetap bisa bekerja saat mendung," ujarnya saat melakukan ujicoba pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Tokopedia Tower, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Baca juga: Pasang Panel Surya Bisa Hemat Listrik hingga 30 Persen

Pria bergelar doktor dari University of Colorado Boulder, AS itu mengatakan, panel surya tetap akan bekerja saat mendung sebab sesungguhnya cahaya hanya terhalang oleh awan.

Selama cahaya masih ada, ia memastikan bahwa panel surya tetap bisa bekerja.

Dalam uji coba di Tokopedia Tower, Edwin menunjukkan bahwa PLTS tetap menghasilkan listrik meski panel surya tertutup bayangan gedung.

Meski tetap berfungsi, Edwin mengatakan listrik yang dihasilkan panel surya yang tertutup bayangan tidak seoptimal saat panel surya terpapar sinar matahari secara langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com