Pasang Panel Surya Bisa Hemat Listrik hingga 30 Persen

Kompas.com - 20/06/2019, 16:05 WIB
Director of Technology PT Xurya Daya Indonesia Edwin Widjonarko di Jakarta, Kamis (20/6/2019). Kompas.com/YOGA SUKMANADirector of Technology PT Xurya Daya Indonesia Edwin Widjonarko di Jakarta, Kamis (20/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pusing biaya tagihan listrik bulanan tempat usaha mahal? Mau hemat? Pemasangan pembangkit listrik tenaga surya ( PLTS) atap barangkali bisa jadi jawabannya.

Saat ini sejumlah pelaku usaha sudah mulai memasang panel surya di gedung kantor atau atap tempat usahanya. Salah satu manfaatnya yakni memberikan penghematan energi.

"Kalau dari studi kami ada yang sampai 30 persen penghematan dam itu tanpa baterai," ujar Director of Technology PT Xurya Daya Indonesia Edwin Widjonarko di Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Xurya merupakan perusahaan rintisan atau startup lokal yang bergerak di bidang pemanfaatan energi surya. Fokusnya mulai dari pengadaan, operasional hingga pemeliharaan instalasi.

Baca juga: Emiten Ini Kuasai 40 Persen Pasar Panel Surya Dalam Negeri

Penghematan energi itu bisa lebih besar bila PLTS atap juga disertai baterai. Sebab energinya bisa disimpan di baterai tersebut sehingga bisa digunakan saat tidak ada lagi cahaya matahari.

Ia mengatakan, jumlah panel surya yang dipasang di toko atau tempat usaha bisa disesuaikan dengan kebutuhan energi listrik pelaku usaha.

Soal biaya pasangan dan instalasi PLTS atap, Xursa mematok harga yang berbeda tergantung berapa banyak panel surya dipasang. Adapun harga panel surya 1 kilowatt peak (kWp) Rp 14 juta.

Di tempat yang sama, Founder Xurya Eka Himawan mengungkapan, pihaknya memberikan opsi lain untuk masyarakat berupa pembebasan biaya pemasangan PLTS atap.

Adapun nantinya pembayaran panel surya dilakukan dengan cara profit sharing.

"Jadi misalnya awalnya tagihan listriknya Rp 10 juta, terus kami pasang PLTS atap, tagihan listrik jadi Rp 4 juta. Jadi ada saving Rp 6 juta, nah kita kenakan 90 persen dari saving itu," kata dia.

Baca juga: Ini Hitungan Jual Listrik ke PLN dari Rooftop Panel Surya

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X