Luhut: Soal Maskapai Asing, Sementara AirAsia Aja Dulu...

Kompas.com - 21/06/2019, 17:46 WIB
Ilustrasi FREEPIK.com/STOCKSNAPIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan belum mau banyak bicara soal kemungkian maskapai asing masuk dan berbisnis di Indonesia.

Menurut dia, untuk sementara cukup satu maskapai asing yang beroperasi di Indonesia yakni AirAsia.

"Kalau maskapai asing kan sudah ada. Sementara saya kira kita kasih AirAsia aja dulu kita besarkan," ujarnya di Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Sejak beberapa tahun lalu, AirAsia memang sudah masuk dan membawa bisnisnya ke Indonesia. Dengan membentuk badan hukum di Indonesia, AirAsia bisa menerbangi rute-rute domestik.

Hanya saja, selama ini AirAsia lebih banyak menerbangi rute-rute penerbangan yang gemuk atau ramai seperti Jakarta-Bali, Jakarta-Yogyakarta atau Jakarta-Surabaya.

Ke depan Luhut menyebut, pemerintah akan memberikan opsi juga rute-rute kering alias bukan rute ramai kepada AirAsia untuk diterbangi.

"Kita kasih line yang gemuk, tapi juga dia dapat line yang kering," kata Luhut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berencana mengundang maskapai asing masuk ke Indonesia untuk membuat persaingan menjadi lebih kompetitif.

Hal ini diyakini akan mampu membuat harga tiket pesawat domestik bisa turun dari saat ini lantaran adanya persaingan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X