Kemendag Berikan Penghargaan kepada Desainer

Kompas.com - 26/06/2019, 19:51 WIB
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementrian Perdagangan - Arlinda (tengah) saat foto bersama pemenang GDI 2019 di Jakarta, Rabu (26/6/2019).FIKA NURUL ULYA Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementrian Perdagangan - Arlinda (tengah) saat foto bersama pemenang GDI 2019 di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementrian Perdagangan ( Kemendag) melalui Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) kembali memberikan anugerah penghargaan kepada para desainer yang memenangkan Good Design Indonesia (GDI) tahun 2019 hari ini, Rabu (26/6/2019).

Adapun penghargaan tersebut diberikan kepada 30 pemenang, 14 GDI Best, dan 1 GDI of The year dari 421 produk yang terdaftar dalam GDI 2019. 

"Saya sangat apresiasi kepada dewan pengarah dan dewan juri. Saya juga memberikan apresiasi kepada para pemenang, karena dalam perjalanannya membuat produk tidak mudah," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementrian Perdagangan - Arlinda di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Arlinda mengatakan, para pemenang telah dipilih berdasarkan dari 3 penilaian utama, yaitu market oriented, inisiatif, dan kreativitas.

Baca juga: Kemendag Tetapkan Harga Eceran Tertinggi Bawang Putih Rp 32.000 Per Kg

"Ada 3 penilaian, yaitu market oriented yang nantinya bisa meningkatkan ekspor, serta inisiatif dan kreativitas dalam pembuatan produk yang bisa meningkatkan nilai tambah," kata Arlinda.

Selain itu, para pemenang juga berkesempatan untuk mewakili produk ekspor Indonesia di mancanegara, salah satunya Jepang. Sebab, kata Arlinda, ajang ini memang ditandingkan untuk kerjasama dengan Jepang.

"Nanti akan dipertandingkan di ajang G-Mark di Jepang. Kalau tahun lalu ajang G-Mark itu diikuti oleh lebih dari 4.000 produk. Dari 14 pemenang GDI tahun lalu, 5 produk masuk dalam G-Mark Best 100 dan 1 produk masuk menjadi Best 20. Semoga tahun ini juga bisa menorehkan prestasi yang lebih baik," kata Arlinda.

Arlinda pun berpesan para pemenang hendaknya mampu melakukan tindak lanjut dari kemenangannya. Tindak lanjut itu berupa membuat desain produk yang berorientasi ekspor ke pasar mancanegara.

"GDI adalah lomba desain produk yang berorientasi ekspor ke pasar mancanegara, khususnya Jepang. Jadi kami tekankan sekali lagi bukan hanya mendapat sertif dan trofi, tapi yg paling penting adalah tindak lanjut para pemenang dalam ekspor," katanya.

Sebagai informasi, Good Design Indonesia (GDI) adalah lomba desain produk yang berorientasi ekspor ke pasar mancanegara, khususnya Jepang. Tahun ini, GDI diikuti oleh 421 produk, meningkat 66 persen dari pendaftar tahun 2018 sebesar 253 produk.

Terdapat 16 kategori yang dipertandingkan, antara lain healthcare, home furniture, mobility, housing, construction, media content, packaging, application system, dan sebagainya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X