Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPPU Pertimbangkan Panggil Menteri BUMN

Kompas.com - 01/07/2019, 19:52 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berencana memanggil Menteri BUMN Rini Soemarno.

Pemanggilan tersebut dilakukan untuk meminta masukan terkait rangkap jabatannya Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara di tiga perusahaan penerbangan.

"Nanti kami akan rapat juga apakah perlu memanggil Ibu Rini Soemarno," ujar Komisioner KPPU Guntur Saragih di Jakarta, Senin (1/7/2019).

Guntur menjelaskan, saat diperiksa Ari menyatakan rangkap jabatan tak melanggar aturan di Kementerian BUMN. Atas dasar itu, KPPU perlu meminta keterangan dari Rini soal hal tersebut.

Sebelumnya, Direktur Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra menyatakan rangkap jabatan di tiga perusahaan penerbangan dilakukan untuk menjaga aset negara.

Selain jadi Dirut Garuda Indonesia, pria yang akrab disapa Ari itu juga menjabat sebagai komisaris utama Sriwijaya Air dan Citilink.

"(Saya) rangkap jabatan didasari atas kepentingan untuk menyelamatkan aset negara," ujar Ari di kantor KPPU, Jakarta, Senin (1/7/2019).

Ari menambahkan, rangkap jabatan tersebut juga sudah sesuai ketentuan yang berlaku. Namun, dia tak menjelaskan aturan yang dimaksud.

"Posisi rangkap jabatan sudah mendapatkan persetujuan sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku," kata Ari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com