Ridwan Kamil: Jawa Barat Siap Terbitkan Surat Utang Daerah

Kompas.com - 15/07/2019, 15:07 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siap menerbitkan obligasi daerah dan tengah dalam diskusi dengan OJK serta Gubernur Jawa Tengah dalam acara sosialisasi Rindekraf di Jakarta, Senin (15/7/2019).FIKA NURUL ULYA Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siap menerbitkan obligasi daerah dan tengah dalam diskusi dengan OJK serta Gubernur Jawa Tengah dalam acara sosialisasi Rindekraf di Jakarta, Senin (15/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemrov Jabar) Ridwan Kamil menyatakan Jawa Barat siap menerbitkan obligasi daerah (municipal bonds) untuk membiayai pembangunan fisik berskala besar.

"Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang siap. Dengan Pak Ganjar (Gubernur Jawa Tengah) kita juga sering diskusi," kata Ridwan Kamil dalam Sosialisasi Rindekraf di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Ridwan menyebut, Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) memberikan beberapa syarat dalam penerbitan surat utang, salah satunya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berkali-kali.

Dia yakin syarat ini bisa segera terpenuhi mengingat posisi keuangan Jawa Barat dalam keadaan aman sehingga bisa membayar kewajiban tepat pada waktunya.

"Dari keuangan kita aman, sehingga kita pasti membayar kewajiban pada waktunya," ujar Ridwan.

Baca: Penggunaan Obligasi Daerah Harus Melalui Persetujuan DPRD

Ridwan menilai, melalui penerbitan surat utang tersebut, akan ada alternatif pembiayaan lain dalam pembangunan sehingga tidak bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

"Kalau hanya mengandalkan APBD, ibaratnya mobil Jawa Barat ini kecepatannya hanya 50 km/jam. Tapi kalau pakai obligasi daerah bisa naik 80 km. Sekarang pun sudah 5,6 persen pertumbuhan ekonominya apalagi ada obligasi daerah dan pengembangan KEK," pungkas dia.

Adapun penerbitan obligasi ini rencananya akan direalisasikan tahun depan. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga berencana menerbitkan obligasi daerah. Penerbitan obligasi daerah ini bertujuan untuk menutupi kekurangan dana dalam membiayai kebutuhan anggaran daerah.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X