Berapa Lama Orang Indonesia Ganti Ponsel Baru?

Kompas.com - 19/07/2019, 07:47 WIB
Ilustrasi smartphone Oppo F7 Diamond Black Dok. OppoIlustrasi smartphone Oppo F7 Diamond Black

JAKARTA, KOMPAS.com - Ponsel pintar alias smartphone memang kerap digunakan dengan intensitas yang sangat tinggi di era digital, membuat risiko kerusakan pun semakin besar. Terlebih, tren belanja online yang semakin meningkat membuat seseorang makin mudah belanja ponsel yang diinginkan.

VP Digital Marketing PT Erajaya Swasembada Tbk Eric Lee mengatakan, saat ini siklus seseorang menyisihkan uangnya untuk mengganti ponsel baru sedikit lama ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

"Kita ada research kalau dulu rentangnya itu antara 12 sampai 18 bulan orang ganti ponsel baru. Kalau sekarang memang agak panjang sedikit, rata-ratanya sekarang 24 bulan. Kurang lebih siklusnya seperti itu," kata Eric Lee di Jakarta, Kamis (19/7/2019).

Baca juga: Ketimbang Diskon, Tren Tukar Tambah Ponsel Lebih Diminati

Menurut Eric, hal ini terjadi karena pergeseran kepenting individu. Jika dulu individu fokus menabung untuk mengganti ponsel baru, saat ini fokusnya beralih ke hal lain seperti rekreasi.

"Kita lihat trend-nya sekarang travelling. Jadi alokasi budget-nya itu sekarang lebih ke hal lain," ucap Eric.

Namun, ketimbang membeli ponsel baru, Eric menuturkan saat ini masyarakat lebih memilih tukar tambah untuk memanfaatkan ponsel lamanya yang tak digunakan lagi. Pun tukar tambah lebih diminati dibanding pemberian promo atau diskon dalam pembelian ponsel.

Baca juga: Perusahaan Ini Luncurkan Asuransi Perlindungan Layar Ponsel

"Kita sebagai pelaku bisnis itu yang paling sering ditanyain tentang tukar tambah. Saat ini tren tukar tambah memang selalu ramai dibanding diskon-diskon. Kalau tukar tambah selalu penjualannya tumbuh signifikan. Sementara kalau cashback itu sudah biasa," kata Eric.

" Tukar tambah solusinya. Karena ponsel lamanya mau dikemanain kalau beli baru? Jadi tukar tambah ini memang lagi happen sekali," pungkas dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X