Menhub Usul Maskapai dan Hotel Kompak Banting Diskon, Ini Tujuannya

Kompas.com - 23/07/2019, 18:30 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di lingkungan Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019). KOMPAS.com/Devina HalimMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di lingkungan Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku telah mengusulkan adanya sharing diskon antara maskapai dengan perhotelan.

Usul tersebut, kata dia, sudah disampaikan dalam rapat koordinasi terkait evaluasi harga tiket pesawat di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian kemarin.

"Kita sharing antara pemain pariwisata, pemain turis dengan maskapai, sama sama banting diskon," ujarnya di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Baca juga: Menhub: Maskapai Ingin Berikan Diskon 7 Hari Seminggu

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu mengatakan, sharing diskon bertujuan untuk menggenjot penumpang pesawat di satu sisi, dan pariwisata di sisi lainnya.

Menhub bahkan meyakini, biaya akomodasi dan transportasi liburan akan menjadi lebih murah dengan sharing diskon antara maskapai dan hotel.

Bila usulan ini digodok dan bisa direalisasikan, maka penerapannya akan diujicoba di beberapa kota yang terkenal sebagai tujuan wisata misalnya Bali, Yogyakarta atau Bandung.

"Jadi kita mendukung turis dalam negeri dengan sharing diskonnya mau 10 persen, 20 persen, mau 50 persen terserah yang penting sama-sama," kata dia.

Baca juga: Pemerintah Bongkar Kelemahan Diskon Terbatas Harga Tiket Maskapai LCC

"Jadi bikin satu program di sini (maskapai) bikin, di sana (hotel) juga bikin. Di sana (hotel) kasih share diskon, di sini (maskapai) juga share diskon," sambung dia.

Budi menegaskan, usulan tersebut bukan berarti mengorbankan industri perhotelan untuk memperbanyak jumlah penumpang pesawat.

Justru, kata dia, usulan itu sama-sama saling menguntungkan bagi kedua industri karena baik penumpang pesawat maupun tamu hotel bisa bertambah karena diskon yang diberikan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X