Garap Pemasaran Produk Bersama, Pegadaian Gandeng 8 BUMN

Kompas.com - 30/07/2019, 15:25 WIB
Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto dan Direktur 8 BUMN dalam penandatanganan Mou di Jakarta, Selasa (30/7/2019). FIKA NURUL ULYADirektur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto dan Direktur 8 BUMN dalam penandatanganan Mou di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian (Persero) gandeng 7 Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) untuk mensinergikan bisnisnya dalam keagenan Pegadaian, pemasaran produk, dan layanan antar perusahaan terkait. Kerjasama tersebut dikukuhkan dalam penandatanganan Mou di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Adapun 8 BUMN tersebut antara lain, Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo), Permodalan Nasional Madani (PNM), PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), Askrindo Insurance, PT Balai Pustaka (Persero), PT Pelni, dan Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI).

Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto mengatakan, implementasi kerja sama tiap perusahaan akan berbeda-beda tergantung kebutuhan masing-masing perusahaan.

"Masing-masing BUMN ini kan punya kekuatan, akan lebih kuat lagi kalau kita sinergikam. Implementasi kerjasamanya, misalnya, kita punya 4.300 outlet, Pelni punya penjualan tiket, daripada sewa tempat sendiri pakailah outletnya pegadaian," kata Kuswiyoto di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Sementara dengan PT Askrindo (Persero), implementasi kerjasama berupa agen penjualan produk, dimana nantinya agen penjualan kedua belah pihak berfungsi sebagai resiprokal untuk memasarkan produk.

Soal target, Kuswiyoto menargetkan nasabah Pegadaian naik 2 juta dari hasil kerjasama ini. Adapun saat ini, Pegadaian telah memiliki sekitar 12,1 juta nasabah.

"PNM saja punya nasabah 5 juta lebih, jadi itu bisa meningkatkan nasabah kita. Targetnya sampai akhir tahun naik 2 juta nasabah. Nasabah saat ini sudah ada 12,1 juta. Nanti tanggal 1 saya kerjasama dengan 8 BUMN lagi," pungkas Kuswiyoto.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X