Ingin Capai Kemerdekaan Finansial? Lakukan Langkah Ini

Kompas.com - 12/08/2019, 15:09 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Berapapun usia Anda, ada saja masalah yang dihadapi dalam hal pengelolaan keuangan.

Para pakar mengatakan, semakin muda Anda dapat mengelola keuangan dengan baik, maka kemerdekaan finansial dapat segera tercapai. Salah satunya adalah sesegera mungkin menabung dan berinvestasi.

"Semakin muda usia Anda dan semakin awal Anda mulai menabung, maka akan semakin mudah dilakukan dalam jangka panjang dan Anda tidak perlu menganggarkan banyak untuk menabung," kata Leslie Thompson, pendiri Spectrum Management Group seperti dikutip dari FOX Business, Senin (12/8/2019).

Baca juga: Terapkan 5 Strategi Jitu Ini Agar Merdeka Finansial

Menurut Thompson, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencapai kemerdekaan finansial. Berikut ini uraiannya.

 

Cek pengeluaran Anda

Ilustrasi.THINKSTOCK.COM Ilustrasi.

Tak peduli seberapa kaya Anda, jangan belanja terlalu banyak dari penghasilan Anda. Menurut Thompson, banyak orang belanja secara berlebihan dan kesulitan menghilangkan kebiasaan itu.

"Ini adalah tentang memahami apa yang Anda belanjakan, namun juga dapat memprediksi apa yang akan Anda butuhkan dan menyisihkan uang untuk membeli barang ketika Anda membutuhkannya nanti," jelas Thompson.

Ketika menghitung belanja, jangan lupa untuk menghitung pula biaya yang tak berulang, seperti biaya perbaikan rumah atau asuransi.

Pahami investasi Anda

Ilustrasi investasi.SHUTTERSTOCK Ilustrasi investasi.

Apa yang Anda investasikan dan mengapa memilih instrumen investasi tertentu? Menurut Thompson, apabila Anda tak memahami investasi Anda, jangan ragu berkonsultasi pada profesional di bidang finansial.

Seorang investor, kata dia, harus bersikap realistis dan memahami bagaimana cara kerja aset jangka panjang.

"Aset investasi yang tidak harus diakses dalam waktu 10 tahun, 15 tahun, atau lebih harus sangat condong pada pasar saham. Anda membutuhkan pertumbuhan aset agar rencana (keuangan) berjalan dengan baik," ungkap Thompson.

Baca juga: Emas Makin Mahal, Simak Instrumen Investasi Lain yang Bisa Anda Lirik

Adapun untuk aset jangka pendek atau dana darurat, Thompson menyarankan Anda menempatkan dana di investasi berisiko rendah dan dapat diakses dengan mudah.

Demikian adalah sejumlah cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mencapai kemerdekaan finansial. Selamat mencoba!

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X