Apakah Anda Sang Pemimpi atau Pekerja Keras?

Kompas.com - 02/09/2019, 05:07 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

KOMPAS.com - Tak jarang, sebuah kesuksesan berawal dari sebuah mimpi. Namun, mimpi akan tetap menjadi mimpi jika Anda tidak berusaha untuk mewujudkannya.

Untuk itu, sangat diperlukan usaha yang konsisten agar bisa mewujudkan mimpi-mimpi tersebut menjadi sebuah kenyataan. Berusaha komitmen dan melakukan terbaik demi mencapai mimpi-mimpi merupakan hal yang bisa dilakukan oleh semua orang.

Namun, apakah Anda termasuk di dalamnya? Kenali diri sendiri, apakah Anda termasuk sang pemimpi saja atau pekerja keras yang mewujudkan mimpi seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Punya tujuan dan menentukan deadline

Pastinya Anda mengetahui apa itu deadline, bukan? Yakni batas waktu untuk menyelesaikan sesuatu hal. Termasuk di dalamnya mewujudkan banyak mimpi yang selama ini jadi angan-angan.

Bagi orang yang bisa mewujudkan mimpi, tentu akan selalu berusaha agar bisa menentukan tujuan yang jelas. Tidak hanya masalah tujuan, Anda juga mengerti kapan harus menentukan goal tersebut.

Sedangkan, para pemimpi yang tidak akan bisa mewujudkan impian mereka hanya akan menunggu sebuah keajaiban dan uluran tangan orang lain. Jika sudah begitu, Anda tidak akan berusaha untuk menentukan dan mengusahakannya sendiri.

Baca juga: Agar Tak Kalah dari Teknologi, Ini yang Harus Dilakukan Pekerja

Sehingga, mimpi-mimpi tersebut hanya akan menjadi sebatas angan yang tidak bisa berubah menjadi kenyataan. Padahal, jika bisa menetapkan bagaimana dan apa yang harus dilakukan bisa menjadi langkah awal menjemput mimpi.

2. Keberanian yang pantang menyerah

Bagi Anda yang bisa mewujudkan impiannya, maka keberanian untuk melangkah dan mewujudkan sesuatu sudah tidak diragukan lagi. Walau terlihat sangat sulit dan mustahil, para pemburu mimpi ini akan selalu berusaha mengatasi halangan tersebut.

Entah itu masalah biaya yang tentunya memberatkan, atau masalah kemampuan, bahkan pengalaman yang belum mencukupi. Namun, orang-orang yang berani menciptakan kenyataan berdasarkan mimpi tentu akan selalu berusaha tanpa kenal takut dan menyerah.

Berbeda dengan yang tidak bisa mewujudkan mimpinya. Anda akan selalu merasa kurang dan tidak mampu untuk melakukannya.

Ketakutan yang dirasa bahkan mengalahkan manisnya impian tersebut. Anda merasa belum memiliki poin penting yang dibutuhkan untuk bisa mewujudkan mimpi-mimpi.

Misalnya saja Anda mengkhawatirkan bagaimana nantinya mencari sumber dana? Bagaimana memulainya? Dan banyak lagi ketakutan lainnya meski belum mencobanya.

Baca juga: Baru Rekrut 3.310 Karyawan, BUMN Masih Butuh 7.690 Orang

3. Bekerja tanpa segudang alasan

Jika dibandingkan, orang yang nyalinya tak kuat akan selalu mencari-cari alasan untuk tidak ikut maju. Anda hanya ingin menikmati hasil yang baik tanpa perlu bersusah payah.
Ini adalah hal yang sangat mustahil. Sebab orang-orang yang berani dan berusaha untuk mewujudkan impian.

Walau harus bekerja keras yang seolah tanpa henti, pasti akan melakukan banyak hal demi mendapatkan apa yang diinginkan tanpa banyak alasan yang membuat langkahnya terhenti.

4. Memiliki keyakinan yang teguh

Bagi Anda yang termotivasi untuk berusaha mewujudkan impian, tentu selalu berusaha dan menanamkan rasa percaya diri dalam hati dan pikiran. Anda akan terus menanamkan pikiran positif, di mana tidak ada halangan yang tidak bisa dihadapi jika tetap berusaha sebaik mungkin.

Sedangkan bagi Anda yang selalu takut, ketakutan Anda akan menjadi salah satu alasan yang memberatkan usaha Anda. Sehingga, kumpulan ketakutan akan banyak hal ini menjadi alasan Anda untuk menghindari usaha mewujudkan mimpi tersebut.

5. Usaha yang penuh perjuangan

Kedua tipe manusia yang mampu dan yang tidak bisa mewujudkan mimpi ini sama-sama memiliki keinginan yang terpendam.Namun, bedanya adalah tentang usaha yang Anda lakukan untuk mewujudkan impian tersebut.

Di mana orang-orang yang bisa mewujudkan mimpinya akan selalu berusaha dengan penuh perjuangan yang berat. Sedangkan yang tidak bisa mewujudkan mimpinya hanya bisa berangan-angan sebatas impian tersebut tanpa mau bekerja dengan semangat juang yang tinggi.

Baca juga: Apa yang Harus Dipersiapkan Fresh Graduate Ketika Melamar Pekerjaan?

6. Lebih banyak memberi

Orang-orang yang berani mewujudkan impian Anda adalah orang-orang yang baik dan senang berbagi. Ada istilah makin banyak berbagi semakin banyak yang didapat.

Berbagi ilmu contohnya, Anda tidak akan miskin hanya dengan berbagi ilmu pada orang lain. Baik dibidang materi, tenaga, maupun ilmu yang Anda miliki adalah salah satu hal yang menyenangkan dan membuat Anda merasa lebih baik.

Sedangkan orang-orang yang tidak berani mewujudkan impian Anda akan cenderung pelit, jarang memberi dan lebih suka menuntut. Jika Anda seperti ini, tentu selalu dihantui pikiran buruk, seperti merasa rugi jika memberikan sesuatu kepada orang lain, dan ini tidak baik.

7. Tidak pernah merasa rugi

Orang-orang yang bisa mewujudkan impian Anda adalah orang yang tidak pernah merasa kekurangan dalam hidupnya.

Sekalipun Anda harus berbagi dengan orang lain, Anda selalu mencari cara untuk terus bersyukur dan tetap berusaha dengan baik dan melakukan yang terbaik.

8. Tetap bangkit

Para pejuang yang bisa mewujudkan impian Anda bukanlah orang yang sama sekali tidak pernah gagal.

Anda tentunya pernah gagal, namun Anda mengetahui bagaimana caranya untuk tetap semangat dan terus bangkit berkali-kali.

Introspeksi kesalahan

Agar bisa mewujudkan sebuah mimpi, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengintrospeksi kesalahan yang mungkin terjadi.

Setelah mengenali titik kelemahan tersebut, maka sangat direkomendasikan untuk selalu berusaha dengan giat. Bukan tidak mungkin impian Anda kan terwujud dalam waktu dekat.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini 5 Tips Sukses Mendapat Pekerjaan Impian

Artikel ini merupakan kerja sama antara Kompas.com dan Cermati.com. Isi artikel di luar tanggung jawab Kompas.com

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X