Darmin: Kirim 1 Kontainer Batam-Singapura Sama Mahalnya dari Singapura-Jepang...

Kompas.com - 14/09/2019, 16:31 WIB
Ilustrasi kapal barang. SHUTTERSTOCKIlustrasi kapal barang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menilai perlunya upaya lebih keras untuk menurunkan biaya logistik di Indonesia.

Saat ini kata dia, biaya logistik di Indonesia masih mahal dibandingkan dengan berbagai negara yang ada di Asia Tenggara.

"Sekarang logistik kita mahal, satu kontainer dari Batam ke Singapura sama mahalnya dari Singapura barangkali ke Jepang," ujarnya dam Konferensi Hari Perhubungan Nasional, Jakarta, Sabtu (14/9/2019).

Mantan Gubernur Bank Indonesia itu menilai perlunya upaya mengoptimalkan transportasi untuk mendukung arus barang dari satu lokasi ke lokasi lain.

Baca juga: Pusat Logistik Berikat E-commerce Pertama Hadir di RI

Sebab menurutnya, biaya logistik yang mahal merupakan salah satu penghambat pencapaian pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

Ke depan, Darmin meminta agar Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perdagangan mendorong pengunaan transportasi yang lebih efisien untuk pengiriman barang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila perlu, ucapnya, kedua kementerian mendorong pembangunan gudang-gudang barang di tempat stategis agar arus logistik bisa berjalan lebih baik.

Selain itu, Darmin juga meminta agar kedua kementerian memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk mendukung sistem logistik nasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.