Tol Jakarta-Cikampek Elevated Beroperasi Fungsional Saat Natal 2019

Kompas.com - 15/09/2019, 19:20 WIB
Lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Jawa Barat tersendat pada Rabu pagi (22/5/2019). Sejak Simpang Susun (SS) Cikunir, antrean panjang kendaraan ini dipicu akibat bergesernya Steel I-Girder (SIG) atau balok baja Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Elevated) dari truk multi-axle. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGLalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Jawa Barat tersendat pada Rabu pagi (22/5/2019). Sejak Simpang Susun (SS) Cikunir, antrean panjang kendaraan ini dipicu akibat bergesernya Steel I-Girder (SIG) atau balok baja Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Elevated) dari truk multi-axle.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) sudah rampung alias bisa digunakan pada saat libur natal 2019 dan tahun baru (nataru) 2020.

"Uji legal kita akan lakukan tapi sudah dipastikan bahwa nataru (natal dan tahun baru) kita bisa digunakan," kata Budi Karya Sumadi di sela-sela acara penghargaan Wahana Tata Nugraha di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (15/9/2019).

Saat ini, Menhub tengah menunggu laporan dari PT Jasa Marga dalam 1-2 minggu ke depan.

Setelah laporan diterima, dia akan melakukan evaluasi bila ada yang perlu diperbaiki untuk mengejar operasional saat libur Natal 2019.

Terkait tarif, dia menyerahkan sepenuhnya kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (Kementrian PU).

Menurut Budi, Menteri PU mampu memberikan tarif yang cocok.

"Tarif domainnya Pak Menteri PU (Basuki Hadimuljono). Saya pikir Pak Menteri tahu caranya memberikan yang terbaik," ucap Budi.

Saat ini, pengerjaan tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) sudah mencapai 95,11 persen.

Sementara sisanya sempat terhalang menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di KM 17.

Untuk merampungkan, menara tersebut harus direlokasi dalam sisa periode dengan sangat hati-hati.

Namun dipastikan, tol tersebut mulai beroperasi akhir tahun 2019 dan beroperasi penuh pada awal tahun 2020.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X