Angkasa Pura I Telah Layani Kepulangan 108.507 Jemaah Haji

Kompas.com - 19/09/2019, 07:17 WIB
Ilustrasi calon jemaah haji Surya/Ahmad Zaimul HaqIlustrasi calon jemaah haji

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) melalui enam bandara yang dikelolanya telah melayani kepulangan 108.507 jamaah haji dari Tanah Suci.

"Secara keseluruhan pelaksanaan angkutan haji 2019 di enam bandara Angkasa Pura I berjalan dengan baik, aman, dan lancar. Kami berterima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah turut mendukung kualitas pelayanan dan operasional angkutan haji tahun ini," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi lewat keterangannya Rabu (18/9/2019)

Pada proses kepulangan jemaah haji ini,  AP I mencatat ada sejumlah kejadian khusus. Yaitu jemaah haji meninggal karena sakit sebanyak 12 orang dan jemaah haji sakit enam orang, di mana kebanyakan dari mereka memiliki tujuan ke Banjarmasin, Makassar, dan Banjarmasin.

Adapun data jemaah haji meninggal karena sakit sebanyak enam orang dengan tujuan Bandara Lombok Praya, lima orang tujuan Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin, dan satu orang tujuan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Sementara jemaah haji yang jatuh sakit saat kepulangan sebanyak lima orang dengan tujuan Bandara Lombok Praya dan satu orang tujuan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

“Selama periode kepulangan jemaah haji 18 Agustus hingga 15 September 2019, enam bandara Angkasa Pura I telah melayani 108 ribu lebih jemaah haji," ucap Fahmi

Bandara Juanda Surabaya menjadi bandara menjadi yang terbanyak menerima kepulangan jemaah haji dengan jumlah 37.956 orang yang terbagi dalam 85 kloter. Terbanyak kedua adalah Bandara Adi Soemarmo Solo dengan 34.671 yang terbagi dalam 97 kloter.

Selanjutnya Bandara Sultan Hasanuddin Makassar melayani kedatangan 18.078 jemaah (40 kloter), Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (6.767 jemaah/15 kloter), Bandara Syamsudin Noor (6.097 jemaah/19 kloter), dan Bandara Internasional Lombok (4.938 jemaah/11 kloter).

Total jemaah haji yang berangkat melalui enam bandara Angkasa Pura I dalam periode 6 Juli hingga 6 Agustus 2019 lalu adalah sebanyak 109 ribu jamaah haji yang terbagi dalam 267 kloter dengan total bagasi mencapai 2.123 ton.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X