Malindo Air Sebut Jadi Korban Kebocoran Data Penumpang

Kompas.com - 20/09/2019, 06:29 WIB
Armada Boeing dari Malindo Air. Malindo AirArmada Boeing dari Malindo Air.

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Malindo Air menyatakan menjadi korban terkait adanya kebocoran data-data penumpangnya pada pekan ini.

Data tersebut telah bocor di forum pertukaran data di dunia maya.

"Kami dalam hal ini victim (korban)," kata Managing Director Lion Air Group Daniel Putut Kuncoro Adi di Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Daniel menjelaskan, memang dalam kejadian ini tidak ada kerugian materiil yang dialami Malindo Air yang juga selama ini tergabung dalam Lion Air Group. Namun sedikit banyaknya berdampak pada citra maskapai yang dianggap tidak bisa menjamin keamanan data penumpangnya.

"Angkanya belum, baru reputasi saja atau image," ungkap dia.

Baca juga: Data Penumpang Bocor, Ini yang Dilakukan Lion Air Group

Daniel menerangkan, adanya dugaan kebocoran data ini sudah dilaporkan kepada otoritas penegak hukum di Malaysia dan pihaknya terus menunggu perkembangan hasil investigasi.

Sisi lain, meskipun ada dugaan kebocoran Lion Air Group juga belum bisa memastikan berapa jumlah data bocor dan asal penumpangnya.

"Belum tahu (berapa jumlahnya). Kami pastikan data penumpang tidak bocor lagi, legal action di Malaysia. Kami lakukan legal action di sana dan dalam proses investigasi," imbuhnya.

Selain itu, Lion Air Group juga telah melaporkan ini ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) guna memastikan data penumpang yang diduga bocor bisa aman. Serta membantu proses ini.

Daniel juga menyampaikan, data-data yang diduga bocor tersebut belum bisa dipastikan apakah sahih (valid) atau tidak. Dalam investigasi pihak berwenang nanti juga akan memastikan terkait ini, supaya tidak simpang siur.

"Kami minta jaminan pihak ketiga untuk tidak ada lagi data bocor. Kami hubungi administrator satu-satu," tutupnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X