Melek Finansial, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Kompas.com - 01/10/2019, 09:10 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era cashless ini, Anda memang dituntut untuk melek finansial. Pasalnya, dengan segala kemudahan bertransaksi non tunai inijustru bisa membuat kita lebih boros.

Untuk melek finansial, Anda mesti belajar dengan memerhatikan beberapa hal, seperti mulai belajar mencatat pengeluaran, mempraktikkan kiat-kiat dari perencana keuangan, hingga mempelajari cara berinvestasi.

Berikut ini Kompas.com rangkum cara melek finansial ala blogger dan mompreneur Rahne Putri.

1. Harus terbuka

Untuk melek finansial yang mesti Anda lakukan pertama kali adalah membuka diri untuk belajar. Membuka diri berarti meluangkan waktu untuk mempelajari pengelolaan keuangan saat Anda memiliki waktu luang.

Terlebih, saat ini mencari tips mengelola keuangan tidak sesulit dahulu karena adanya penetrasi digital.

"Sekarang kelas-kelas digital itu banyak, kita bisa baca kiat-kiat dari financial planner di Instagram dan sosial media lain," kata Rahne Putri beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tertarik Investasi P2P Lending? Simak Tips Berikut

2. Belajar investasi

Setelah mengerti porsi keuangan, belajar lah berinvestasi. Pelajari instrumen investasi mulai deposito, emas, saham, obligasi, dan sebagainya.

"Misalnya kalau dulu mungkin dulu tahunya hanya deposito. Sekarnag bisa pelajari emas, saham, obligasi, reksadana," kata Rahne.

3. Lakukan

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X