Rini Titip Dua Pesan untuk Erick Thohir di Kementerian BUMN

Kompas.com - 23/10/2019, 20:10 WIB
Rini Soemarno dan Erick Thohir saat prosesi terima jabatan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Jakarta, Rabu (23/10/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMARini Soemarno dan Erick Thohir saat prosesi terima jabatan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Jakarta, Rabu (23/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Rini Somarno menitipkan pesan kepada Erick Thohir yang telah ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menggantikan dirinya.

Pesan pertama, Rini meminta Erick tetap menjaga sinergi antar perusahaan BUMN.

“Yang paling utama adalah kebersamaan BUMN harus dijaga. Kalau kita enggak bersinergi, ini akhirnya akan melemahkan kita sendiri,” ujar Rini saat acara serah terima jabatan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Baca juga: Di Hadapan Erick Thohir, Air Mata Rini Soemarno Tumpah...

Rini meminta, perusahaan BUMN yang sudah besar mau membantu perusahaan lain yang masih merintis. Sedangkan perusahaan BUMN yang kecil, mau belajar dengan perusahaan besar agar termotivasi bisa lebih maju lagi.

“Saya titip ke Pak Erick untuk perbaiki kinerja mereka (perusahaan BUMN),” kata Rini.

Pesan kedua, lanjut Rini, peran BUMN harus bisa mendorong perekonomian rakyat. Sebab, hal tersebut sudah tertuang dalam Undang-Undang BUMN.

Baca juga: Gantikan Rini Soemarno, Ini Profil Menteri BUMN Erick Thohir

“Karena itu banyak program BUMN arahnya meningkatkan kemampuan usaha mikro dan super mikro, karena kekutan Indonesia ada di sana. Warga Indonesia di desa-desa bisa jadi enterpreuner,” ucap dia.

Tak hanya pesan, Rini juga meninggalkan pekerjaan rumah bagi Erick di Kementerian BUMN. Salah satunya masalah holdingnisasi.

“Masih bahyak PR, tidak lepas dari holdingisasi. Sektor usaha cukup besar. Per sektornya ada sub holding. Nantinya sampai satu titik terbentuknya super holding,” ujar dia.

Baca juga: Jelang Masa Jabatan Berakhir, Menteri Rini Kumpulkan 143 CEO BUMN

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X