Ketua Komisi XI Berharap Pertumbuhan Ekonomi Sesuai Target

Kompas.com - 05/11/2019, 12:09 WIB
Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Dito Ganundito DOK. Humas Partai GolkarAnggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Dito Ganundito

KOMPAS.com - Ketua Komisi XI Dito Ganundito berharap target pertumbuhan ekonomi dapat tercapai di tengah ketidakpastian ekonomi global.

Komisi XI DPR RI juga meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menyiapkan mitigasi risiko terhadap pelaksanaan APBN 2019.

Adapun mitigasi itu mencakup sisi penerimaan, belanja, dan pembiayaan.

"Komisi XI meminta Menkeu untuk menyiapkan mitigasi risiko terhadap pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2019 yang meliputi sisi penerimaan, belanja dan pembiayaan,” ujar Dito Ganundito dalam pernyataan tertulis, Selasa (5/11/2019).

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan evaluasinya terhadap perekonomian nasional tahun ini.

Evaluasi itu disampaikan saat rapat kerja Komisi XI DPR RI dengan Kementerian Keuangan, Senin (4/11/2019) di Kompleks Parlemen.

Pertumbuhan ekonomi global

Menkeu menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih relatif stabil di atas 5 persen. Dia pun membandingkannya dengan beberapa negara ASEAN.

Singapura juga sempat mengalami pertumbuhan negatif, imbuh dia, meski terakhir hanya 0,1 persen.

Lantas, Vietnam masih cukup tinggi walau juga didera sedikit pelemahan. Begitu juga, ia menambahkan, dengan Filipina dan Thailand.

Jika melihat pertumbuhan ekonomi di banyak negara, lanjut Sri Mulyani, beberapa mengalami penurunan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X