Bappenas: Pemindahan Ibu Kota Jangan Dianggap Sekadar Proyek Besar

Kompas.com - 29/11/2019, 14:38 WIB
Sejumlah anak bermain di kawasan ibu kota baru, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, ANTARA FOTO/Akbar Nugroho GumaySejumlah anak bermain di kawasan ibu kota baru, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur,

JAKARTA, KOMPAS.com - Bappenas menyatakan, pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan tidak seharusnya dianggap sebagai proyek besar yang memberikan banyak peluang bisnis baru.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, peluang bisnis hanyalah dampak turunan dari proses pembangunan yang dilakukan.

"Orang kadang-kadang melihatnya ini proyek besar dan banyak peluang, saya kira bukan begitu. Jadi ini bukan proyek besar mengundang kesempatan bisnis luar biasa, itu tidak. Itu ikutannya, iya," ujar Suharso di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Seharusnya proyek pembangunan ibu kota baru dianggap sebagai pembangunan milik bangsa sehingga bisa dibanggakan hingga ratusan tahun.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu pun mencontohkan bagaimana Jakarta terbentuk dan bisa bertahan hingga saat ini berusia 492 tahun.

Baca juga : Bappenas: Ibu Kota Baru Akan Dipimpin City Manager

Dengan cara pandang tersebut, dia menilai, bangunan-bangunan ibu kota negara nantinya akan dibangun lebih indah dibanding gedung-gedung pemerintahan, legislatif, dan yudikatif yang ada saat ini di Jakarta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X