Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Berencana Bangun MRT dari Bandara Balikpapan ke Ibu Kota Baru

Kompas.com - 20/11/2019, 17:05 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan berencana membangun moda transportasi mass rapid transit (MRT) yang menghubungkan Bandara Sepinggan di Balikpapan menuju ibu kota baru di Kutai Kertanegara Kalimantan Timur.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Djoko Sasono mengatakan, jalur MRT tersebut bakal dibangun sirkular mengelilingi Kutai Kertanegara.

"Selanjutnya untuk menghubungkan Bandara Balikpapan (Sepinggan), akan dibangun MRT secara sirkular mengelilingi Kutai Kertanegara," kata Djoko di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Djoko menyebut, pembangunan MRT akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama, MRT akan dibangun dari Bandara Balikpapan menuju pusat pemerintahan di Kutai Kertanegara.

Rutenya dari Bandara Sepinggan - Karang Joang - Sepaku Penajam Paser Utara - Pusat Ibu Kota Baru. Namun, Djoko tak menyebut kapan pembangunan tahap I terlaksana.

Kemudian di tahap II, pembangunan MRT akan dilanjutkan melalui jalur utara sehingga menjadi sirkular. Rutenya dari Karang Joang - Semboja - Sepaku - Ibu Kota Negara.

"Transportasi itu dibutuhkan untuk menciptakan konektifitas dan penyediaan layanan transportasi yang berkualitas," tutur Djoko.

Di sisi lain, pihaknya juga merencanakan pembangunan jalur kereta api antar kota trans Kalimantan yang menghubungkan Samarinda menuju Balikpapan. Secara keseluruhan, pembangunan transportasi perkerataapian akan memakan anggaran Rp 209, 6 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com