Ini PR Bos Baru PLN Menurut Menteri ESDM

Kompas.com - 24/12/2019, 06:35 WIB
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini (tengah) di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (23/12/2019). Kompas.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirektur Utama PLN Zulkifli Zaini (tengah) di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (23/12/2019).

DEPOK, KOMPAS.com - Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan sejumlah harapan terhadap bos baru PLN Zulkifli Zaini. Antara lain bisa menuntaskan proyek listrik 35.000 MW sehingga semua lapisan masyarakat Indonesia dapat menikmatinya.

"Menyelesaikan proyek yang 35.000 MW, kemudian bisa mendistribusikan itu ke seluruh masyarakat yang membutuhkan termasuk ke industri-industri," kata Arifin di PLN Unit Induk Pusat Pengaturan Beban (UIP2B) Gandul Depok, Senin (23/12/2019).

Sebagai informasi, Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Dirut PLN dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Kementerian BUMN.

Baca juga: Alasan Erick Thohir Batal Tunjuk Rudiantara Jadi Dirut PLN

Arifin mengatakan, Dirut PLN yang baru harus bisa meningkatkan penyerapan daya listrik sekaligus menurunkan beban pengeluaran perusahaan.

"PLN nanti dia akan proaktif untuk mencari pelanggan-pelanggan baru, ini salah satu program efisiensi yang harus dilakukan. Karena makin tinggi penyerapan daya listriknya, makin efisien pembangkit-pembangkitnya dan akan bisa menurunkan cost," jelasnya.

Selain itu, Zulkifli juga diharapakan bisa meneruskan program peningkatan penggunaan listrik masyarakat elektrifikasi hingga 100 persen .

"Elelektrifikasi 100 persen. Yang ada saat ini PLN akan melakukan evaluasi lagi. Sebetulnya formula ratio elektrfikasi sudah tepat sekali atau belum? Rasanya belum, jadi yang 100 persen, yang sudah ada koreksi bisa benar-benar 100 persen," tegasnya.

Arifin juga menyebut PR Dirut PLN yang baru juga menguraikan rasio ketimpangan pengadaan listrik antara kawasan Barat dan Timur.

"Itu juga rasionya masih timpang. Sehingga Timur juga bisa menikmati energi listrik disana dan mengembangkan industri kecil sehingga bisa memberikan nilai tambah," kata Menteri ESDM.

Baca juga: Ini Daftar Lengkap Direksi dan PLN Pilihan Erick Thohir

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X