Kompas.com - 01/01/2020, 11:14 WIB
Kondisi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Rabu (1/1/2020). Dokumentasi Jasa MargaKondisi Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Rabu (1/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan yang mengguyur Jakarta jelang malam pergantian tahun hingga pagi ini, Rabu (1/1/2019) membuat sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir.

Tak pelak, genangan air yang sampai setinggi lutut orang dewasa di beberapa wilayah ini membuat ibu kota lumpuh. Banyak jalanan tak bisa dilewati kendaraan.

Di jalan, setali tiga uang. PT Jasa Marga (Persero) Tbk menginformasikan sejumlah pintul tol harus ditutup karena terendam banjir.

"10.45 WIB #Tol_Japek , Cikunir KM 10 - KM 09 arah Cawang PADAT, ada genangan air di lajur 1/kiri dan 2/tengah," tulis Jasa Marga lewat akun Twitter resminya seperti dikutip Kompas.com, Rabu (1/1/2019).

Genangan air terpantau terjadi di ruas tol Meruya-Kedoya di KM 04, ruas Pamulang arah Serpong di KM 07 hingga KM 08. Kendaaraan di dalam tol pun dialihkan ke luar Bintaro.

Di Semanggi juga tak luput dari banjir awal tahun. Air menggenang di ruas tol Grogol sampai dengan Tanjung Duren di KM 14. Jasa Marga terpaksa mengalihkan kendaraan dari arah Semanggi tol ke Tanjung Priok-Cawang.

Selain itu, pengelola jalan tol juga menutup sementara GT Semanggi dan GT Slipi.

Di jalan tol lingkar luar Pamulang yang mengarah ke Ulujami di KM 08+600 juga padat karena genangan air, membuatnya hanya bisa dilewati kendaraan besar. Sementara kendaraan kecil dialihkan ke ruas tol Kunciran-Serpong.

Sementarab itu di ruas Rorotan-Cakung-Cikunir-TMII terpantau lancar meski terdapat beberapa genangan air. Kepadatan baru terjadi di KM 43 Jatiasih menuju Cikunir di KM 44 karena air menutup lajur kiri dan tengah tol.

Selain itu, sejumlah pintu tol di dalam kota juga ditutup karena ketinggian air yang cukup tinggi.

"10.42 WIB #Tol_CTC GT Angke 2 dan GT Jelambar 2 DITUTUP SEMENTARA," tulis Jasa Marga.

Penutupan pintu tol juga dilakukan di Simpang Susun Cikunir dari Jatibening yang mengarah ke Jatiasih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.